Sama Seperti Kekurangan, Overhidrasi Juga Berdampak Buruk bagi Tubuh

Selasa, 4 Mei 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Sama Seperti Kekurangan, Overhidrasi Juga Berdampak Buruk bagi Tubuh Ilustrasi minum air putih. Shutterstock/lightwavemedia

Merdeka.com - Konsumsi air putih dalam jumlah cukup merupakan hal yang perlu kita jaga setiap hari. Hal ini menyebabkan sama seperti ketika kekurangan air, kelebihan air juga bisa menyebabkan munculnya dampak buruk bagi tubuh.

Dokter ahli gizi medik dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Diana Sunardi mengatakan hidrasi yang berlebihan (overhidrasi/kelebihan cairan tubuh) menyebabkan efek samping yang tidak baik bagi tubuh, yakni membuat otot menjadi lemas bahkan dalam kasus tertentu tubuh kesulitan bergerak. Kondisi overhidrasi biasanya terjadi pada orang yang memberi tubuhnya cairan melebihi kemampuan tubuh.

“Kelebihan cairan tubuh ini disebut overhidrasi, biasanya terjadi pada orang awam yang mengikuti maraton rekreasional. Mereka minum melebihi kebutuhan dan kemampuan tubuhnya karena takut kekurangan cairan. Akhirnya overhidrasi dan tubuhnya tidak mampu mengkompensasi. Efeknya akhirnya kelemasan otot dan sulit bergerak,” kata dokter Diana beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Kelemasan otot itu terjadi karena kandungan natrium yang seharusnya didapatkan tubuh dari hasil meminum air, justru banyak menjadi hilang karena terlalu banyak minum air.

“Semakin banyak air yang masuk, maka semakin banyak cairan tubuh yang keluar. Natrium dan Sodium yang dibutuhkan tubuh, justru hanya sekadar lewat itu yang akhirnya menyebabkan kelemasan otot dan tidak bisa bergerak,” kata Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) itu.

Baca Selanjutnya: Bahaya Kelebihan Air...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Fakta Kesehatan
  3. Air Minum
  4. Tips Sehat
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini