Saat Ini, Pemeriksaan Sperma Bisa Dilakukan Secara Mudah

Sabtu, 22 Desember 2018 08:19 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Saat Ini, Pemeriksaan Sperma Bisa Dilakukan Secara Mudah Ilustrasi sperma. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Peeradach Rattanakoses

Merdeka.com - Sperma yang sehat dan unggul merupakan syarat utama agar seorang wanita bisa hamil. Untuk mengetahui bagaimana kualitas dari sperma ini diperlukan sejumlah pemeriksaan.

Dalam diskusi 'Penanganan Gangguan Kesuburan di Indonesia, Bayi Tabung Pintar dan Terjangkau sebagai Pilihan', dokter obstetri dan ginekologi Beelonie menjelaskan, pemeriksaan sperma itu mudah dan tidak membutuhkan teknologi yang canggih.

"Untuk melihat kualitas sperma, dalam hal ini jumlah sperma yang sehat, dilihat menggunakan mikroskop. Konsentrasi sperma-nya dianalisis. Hitungannya adalah jumlah sperma per cc jumlah air mani," kata Beeleonie.

Sel sperma tidak bisa dilihat secara kasat mata. Karena itu, harus dilihat menggunakan mikroskop. Pada pemeriksaan sperma, sampel air mani dikumpulkan.

Hasil tes sperma dapat diterima dalam kurun waktu 24 jam hingga satu minggu. Bentuk kepala, ekor, dan gerakan sperma dapat terlihat di bawah mikroskop. Persentase sperma yang sehat dan bergerak cepat dapat terlihat.

Hasil normal pada bentuk sperma yang sehat adalah seluruh bagian sperma lengkap, baik dari kepala, bagian tengah tubuh, dan ekor. Jika seorang pria punya lebih dari 50 persen sperma yang berbentuk tidak normal, maka hal itu mengurangi kesuburannya.

Beeleonie menambahkan, bentuk sperma yang tidak normal, misal, kepala sperma yang terlalu besar, kepala sperma yang bercabang dua, dan tanpa ekor.

"Kalau kepala sperma terlalu besar atau kecil, tidak bisa membuahi sel telur. Apalagi kalau tidak ada ekornya. Ekor itu kan untuk bergerak," tandasnya.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini