Roti bikin gemuk nggak sih?

Minggu, 1 Juli 2012 12:06 Reporter : Kun Sila Ananda
Roti bikin gemuk nggak sih? Roti gandum. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Selama bertahun-tahun ilmuwan mengaitkan roti dengan kegemukan. Ada yang bilang roti mengandung glycemic index tinggi dan wajib dihindari bagi semua orang yang tak ingin berat badannya bertambah. Sementara itu ada juga yang mengatakan bahwa roti memiliki banyak serat dan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh. Sebenarnya roti bisa bikin gemuk nggak sih? Mari kita cek faktanya!

Katakan "Tidak!" pada roti putih
Roti putih dibuat dari tepung halus. Artinya, roti ini sudah tidak mengandung serat dan nutrisi gandum lagi. Roti putih bisa diserap dengan cepat oleh tubuh dan bisa membuat tingkat gula darah melonjak cepat. Tak hanya gula darah, berat badan Anda pun bisa melonjak cepat jika kebanyakan makan roti putih.

Katakan "Ya!" pada roti gandum
Roti yang terbuat dari gandum utuh kaya serat dan sangat baik untuk kesehatan usus. Roti gandum juga bisa mencegah banyak penyakit, seperti kanker, obesitas, diabetes, dan sembelit. Namun, Anda harus pastika sebelumnya bahwa yang Anda konsumsi adalah roti gandum sungguhan. Banyak roti gandum kemasan yang saat ini memiliki kadar nutrisi yang tak jauh berbeda dengan roti putih. Pastikan Anda melihat label nutrisi pada kemasan roti sebelum membelinya. Jika angka tertinggi adalah protein dan angka terendah ada pada lemak dan gula, maka Anda boleh memilihnya.

Selain itu, ada tiga alasan lain kenapa Anda harus memilih roti gandum.
1. Roti gandum mengandung karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan kadar gula.
2. Roti gandum kaya serat yang juga dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kolesterol.
3. Roti gandum memiliki 50 kalori yang cukup aman untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang berdiet.

Jadi, apa roti bisa bikin gemuk?
Jawabannya adalah "Ya, bisa." Tetapi itu juga bergantung pada roti apa yang Anda makan dan sebanyak apa.

Untuk roti putih, pastikan Anda tak mengonsumsi lebih dari satu irisan setiap hari. Sementara untuk roti gandum, Anda bisa memakan hingga 2 - 4 irisan setiap hari. Jangan lupa untuk selalu mengecek daftar komposisi dan label nutrisi pada kemasan roti sebelum membelinya. [kun]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini