Ritual khitan ala Yahudi berisiko tularkan herpes

Minggu, 10 Juni 2012 11:02 Reporter : Kun Sila Ananda
Ilustrasi anak dikhitan. merdeka.com/vice.com

Merdeka.com - Ritual khitan memang hal yang diwajibkan oleh agama-agama tertentu dan ditengarai bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Namun, tampaknya hal ini tidak sesuai bagi ritual khitan yang dilakukan oleh para penganut Yahudi Ortodoks. Pasalnya, cara khitan ala Yahudi Ortodoks, di mana orang yang melakukan khitan menaruh mulutnya pada penis anak yang dikhitan untuk mengisap darahnya, bisa berisiko menularkan virus herpes pada sang anak.

Berdasarkan penelitian, hingga saat ini terdapat 11 kasus di mana seorang anak terjangkit virus herpes setelah melakukan prosedur dalam ritual khitan ala Yahudi yang disebutĀ  "metzizah b'peh" ini. Sepuluh anak yang mengalami hal ini harus menjalani perawatan di rumah sakit sebelum akhirnya dua orang anak meninggal.

Peneliti menemukan bahwa beberapa orang tua anak sama sekali tidak mengetahui bahwa prosedur menghisap darah anak tersebut akan dilakukan saat anak dikhitan. Peneliti CDD menyatakan bahwa orang tua harus sangat paham betul dengan prosedur pengkhitanan sebelum akhirnya memutuskan untuk mengkhitankan anak mereka.

"Kontak secara oral terhadap luka terbuka pada anak sangat berisiko menularkan virus herpes dan zat patogen lainnya," kata peneliti, seperti dilansir oleh Vitals. "Khitan harusnya melalui prosedur medis yang dilakukan dalam kondisi steril."

Virus herpes yang biasa ditularkan saat khitan adalah virus tipe 1 (HSV-1) yang biasanya ditengarai dengan luka dingin, namun seringkali tidak menimbulkan gejala. penelitian pada tahun 2004 menunjukkan bahwa sekitar 73% orang dewasa di New York membawa virus ini.

Para ahli harus mulai menginformasikan pada para orang tua mengenai risiko berbahaya yang bisa terjadi jika mereka mengkhitankan anaknya di luar rumah sakit, dan lebih menyarankan mereka melakukan khitan dengan cara medis yang lebih aman.

Begitu juga dengan mohelim, sebutan bagi pengkhitan dalam ritual khitan Yahudi Ortodoks, yang seharusnya menginformasikan pada orang tua mengenai prosedur khitan yang akan mereka lakukan sehingga orang tua bisa menilai baik dan buruknya sebelum memutuskan untuk mengkhitan anak mereka. [kun]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.