Risiko Penyakit Jantung Bisa Ditekan dengan Periksa Kolesterol Berkala

Jumat, 4 Desember 2020 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Risiko Penyakit Jantung Bisa Ditekan dengan Periksa Kolesterol Berkala Ilustrasi tekanan darah. ©Shutterstock

Merdeka.com - Masalah kolesterol merupakan salah satu ancaman kesehatan yang terjadi di seluruh dunia. Pemeriksaan kolesterol secara berkala sangat penting untuk menyadari ketika terjadi masalah.

Dokter spesialis gizi klinik konsultan obesitas dan metabolisme, Samuel Oetoro menyarankan pasien untuk memeriksakan kadar kolesterol secara berkala untuk mengenyahkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah termasuk jantung koroner dan stroke.

"Pemeriksaan berkala ini penting karena peningkatan kolesterol erat hubungannya dengan peningkatan risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti serangan jantung koroner dan stroke," ujarnya beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Samuel mengatakan, pemeriksaan berkala komponen lemak darah atau profil lipid penting dilakukan berkala untuk mendeteksi peningkatan kadar kolesterol yang bisa saja tidak disertai gejala.

Selain itu, untuk mencegah kolesterol jahat naik, kamu sebaiknya tetap melakukan aktivitas fisik dan pola makan.

"Angka kejadian kolesterol rendah lebih jarang ditemui dibandingkan dengan angka kejadian kolesterol tinggi. Seseorang dengan kadar kolesterol tinggi rentan mengalami penyumbatan berbagai pembuluh arteri dan peningkatan risiko pembentukan batu empedu," kata Samuel.

Baca Selanjutnya: Pola Makan yang Disarankan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini