Redakan sakit punggung dengan mendengarkan musik

Kamis, 24 Oktober 2013 18:15 Reporter : Rizqi Adnamazida
Redakan sakit punggung dengan mendengarkan musik Ilustrasi mendengarkan musik. ©Shutterstock.com/ Monkey Business Images

Merdeka.com - Musik sudah lama dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental. Namun kali ini penelitian terbaru akhirnya membuktikan kalau musik juga bisa bermanfaat untuk kesehatan fisik.

Sebanyak 1.500 responden berusia 16-24 tahun tepatnya dilibatkan dalam penelitian tersebut. Setelah meminta responden untuk mendengarkan musik tertentu, peneliti pun menemukan kalau empat dari sepuluh orang yang menderita sakit punggung akhirnya merasa kondisinya menjadi lebih baik.

Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, pop adalah jenis musik yang paling ampuh meredakan sakit. Kemudian diikuti dengan musik klasik dan rock atau indie.

"Mendengarkan musik kesukaan bisa dijadikan alternatif sebagai obat jika sedang stres atau sakit. Sehingga kesehatan fisik dan mental terasa lebih baik setelah mendengarkan musik," papar David Bradshaw dari University of Utah Pain Management Centre.

Meskipun demikian, peneliti tetap menyarankan agar aktivitas yang dilakukan perlu diperhatikan untuk mencegah sakit punggung. Selain itu, bagi orang yang tetap sakit meski telah mendengarkan musik, sebaiknya lekas hubungi ahli medis.

Baca juga:
Kebanyakan minum vitamin C mampu sebabkan kanker?
Awas, radiasi ponsel dapat menyebabkan kanker
9 Pola hidup inilah yang dapat memicu kanker payudara
WHO: Polusi udara adalah penyebab utama kanker paru-paru
Lahir dari bayi tabung tingkatkan risiko kanker pada anak [riz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Sakit Punggung
  3. Tips Sehat
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini