Redakan nyeri lutut dengan 10 menit olahraga

Selasa, 29 Oktober 2013 10:40 Reporter : Rizqi Adnamazida
Redakan nyeri lutut dengan 10 menit olahraga Ilustrasi nyeri lutut. ©Shutterstock/Maridav

Merdeka.com - Olahraga secara teratur adalah salah satu cara ampuh untuk meredakan nyeri lutut, demikian menurut penelitian terbaru.

Dengan rajin berolahraga selama minimal 10 menit setiap hari secara teratur, penderita nyeri lutut bisa merasakan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Sebagaimana dilansir dari Health, nyeri lutut atau radang persendian di daerah lutut biasanya banyak diderita oleh lansia. Jika dibiarkan, tulang rawan terancam mengalami kerusakan yang menimbulkan rasa sakit, bengkak, dan kesulitan bergerak.

"Sayangnya masih banyak orang yang malas berolahraga atau sekadar bergerak aktif, meski cuma 10 menit saja dalam sehari," keluh peneliti Dr Kai Sun dari Northwestern Feinberg School of Medicine di Chicago.

Sementara itu, nyeri lutut biasanya disebabkan oleh berat badan berlebihan, cedera tertentu, atau sejarah keluarga dengan kondisi serupa.

Peneliti pun berharap penderita nyeri lutut bisa lebih aktif berolahraga. Sebab cara tersebut dinilai lebih efektif dan efisien daripada operasi atau konsumsi obat-obatan demi meredakan nyeri lutut.

Baca juga:
Sisi gelap dari kecerdasan emosional
Berpelukan ternyata bermanfaat bagi kesehatan
Cuci tangan bisa meningkatkan rasa percaya diri
Kenapa pijatan penting untuk kesehatan tubuh?
Pria ini mengaku awet muda karena rajin minum urine [riz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tips Sehat
  3. Olahraga
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini