Rasa yang Lebih Lezat buat Orang Obesitas Mengonsumsi Lebih Banyak Makanan

Minggu, 4 Agustus 2019 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Rasa yang Lebih Lezat buat Orang Obesitas Mengonsumsi Lebih Banyak Makanan Ilustrasi wanita gemuk makan . ©shutterstock.com/Monkey Business Images

Merdeka.com - Orang-orang dengan kondisi kegemukan atau obesitas cenderung tampak lebih banyak dibanding orang yang memiliki badan kurus. Kebiasaan makan lebih banyak ini ternyata juga disebabkan oleh satu hal yang cukup mengejutkan.

Dilansir dari NY Post, sebuah penelitian mengungkap bahwa orang obesitas cenderung makan lebih banyak makanan karena rasa lebih lezat yang mereka rasakan. Persepsi rasa yang berbeda ini merupakan salah satu penyebab mereka makan lebih banyak.

Termuan ini didapat berdasar sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Iowa. Pada penelitian ini, mereka memberi cokelat terhadap dua kelompok wanita yang satu obesitas dan yang satunya tidak.

1 dari 3 halaman

Persepsi Rasa yang Berbeda

Berdasar percobaan tersebut, diketahui bahwa pada wanita yang mengalami obesitas, rasa dari makanan mereka tetap sama seperti pada suapan pertama. Temuan mengenai persepsi rasa ini cukup penting dalam mencegah obesitas terutama dengan memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan.

"Jika orang obesitas memang memiliki persepsi rasa yang berbeda dibanding orang tidak obesitas, maka hal ini biasa menghadirkan pemahaman lebih baik terhadap obesitas," terang peneliti Linnea Polgreen.

2 dari 3 halaman

Penelitian Menggunakan Cokelat

Lebih dari 300 partisipan terlibat dalam penelitian ini. 161 partisipan memiliki indeks massa tubuh normal, 78 partisipan kelebihan berat badan, dan 51 partisipan mengalami obesitas.

Para partisipan ini diberi satu cokelat secara satu per satu. Kemudian mereka diminta untuk menilai rasanya masing-masing setelah memakannya.

3 dari 3 halaman

Wanita Obesitas Lebih Menikmati Makanan

Pada wanita yang mengalami obesitas mereka butuh mengonsumsi 12,5 cokelat sebelum mengalami tahapan rasa yang sama dengan wanita yang tidak obesitas usai makan 10 cokelat. Hal ini berarti bahwa wanita obesitas bisa lebih menikmati rasa makanan dibanding orang lain.

"Hal ini mungkin menjelaskan sebagian mengapa orang obesitas makan lebih banyak dibanding orang yang tidak obesitas," terang peneliti Aaron Miller. [RWP]

Baca juga:
Penggunaan Smartphone Lebih dari 5 Jam Sehari Bisa Tingkatkan Risiko Obesitas
Apel Organik Miliki Kandungan Lebih Sehat dan Rasa yang Lebih Lezat
Wanita Usia Muda Memiliki Daya Tahan Influenza Jauh Lebih Kuat Dibanding Pria
Patah Hati Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Seseorang
Konsumsi Cabai Di Atas Batas Bisa Buat Seseorang Lebih Rentan Demensia

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini