Puasa Malah Bisa Buat Lambung Tambah Sehat, Kok Bisa?

Jumat, 30 April 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Puasa Malah Bisa Buat Lambung Tambah Sehat, Kok Bisa? Ilustrasi bugar. ©Shutterstock.com/ Supri Suharjoto

Merdeka.com - Selama ini, banyak orang menyangka bahwa berpuasa malah bisa membuat kondisi lambung jadi rentan masalah. namun faktanya, berpuasa ternyata bisa membuat lambung menjadi lebih sehat.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB menjelaskan bahwa lambung orang yang berpuasa lebih sehat ketimbang yang tidak puasa.

Ia menambahkan, menurut beberapa riset, gejala-gejala penyakit seperti maag, diare, dan kembung pada kelompok orang yang tidak berpuasa cenderung lebih buruk ketimbang yang berpuasa.

Selama Ramadan, lanjutnya, terjadi penurunan skor gerd (penyakit pencernaan) pada orang-orang yang berpuasa.

“Kenapa orang yang puasa lebih sehat lambungnya dan gerdnya lebih baik? Karena pada dasarnya orang sakit maag itu terjadi karena ketidakteraturan makan. Kalau dia berpuasa sudah pasti makannya teratur pada saat sahur dan berbuka,” ujar Ari beberapa waktu lalu.

Alasan kedua, orang-orang yang berpuasa bisa mengendalikan asupan camilan yang tidak sehat. Sedang, orang yang tidak berpuasa bisa makan beragam camilan sepanjang hari yang umumnya adalah coklat, keju, lemak, asam, dan pedas yang bisa mengganggu lambung kita.

“Ini termasuk juga rokok, orang yang puasa pasti mengurangi konsumsi rokok karena sedang puasa,” terangnya.

Baca Selanjutnya: Pengendalian Diri...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini