Puasa Bisa Jadi Cara untuk Cegah Terjadinya Obesitas pada Seseorang

Jumat, 31 Mei 2019 17:08 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Puasa Bisa Jadi Cara untuk Cegah Terjadinya Obesitas pada Seseorang Ilustrasi puasa. iStock

Merdeka.com - Puasa merupakan salah satu ibadah wajib yang dilakukan umat muslim pada bulan Ramadan. Terdapat sejumlah manfaat kesehatan yang diketahui bisa didapat dari ibdah puasa ini.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa membatasi asupan makanan seperti ketika berpuasa ini dapat meningkatkan aktivitas metabolisme secara signifikan dan juga melawan penuaan. Terdapat penelitian lain yang mengatakan bahwa hal ini dapat meningkatkan kesehatan usus dan ritme sirkadian tubuh.

Dilansir dari Medical Daily, sebuah penelitian terbaru menyebut bahwa puasa ternyata juga dapat membantu melawan obesitas. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan ketika berpuasa.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ayse Leyla Mindikoglu, associate professor pada bidang kesehatan dan bedah di Baylor College of Medicine menemukan bahwa melakukan puasa selama sebulan dapat meningkatkan resistensi insuli. Hal ini dapat membantu melawan efek dari pola makan yang kaya lemak dan gula.

Dr. Mindikoglu dan rekan-rekannya meneliti sebanyak 14 orang sehat yang berpuasa sepanjang 15 jam setiap hari. Ketika tengah berpuasa di siang hari, peneliti mengambil sampel darah dari mereka ketika awal mulai berpuasa. Peneliti juga mengambil sampel darah setelah berpuasa selama empat minggu.

Hasil penelitian ini mengungkap tingkat tropomyosin 1, 3, dan 4 yang lebih tinggi. Tropomyosin adalah jenis protein yang diketahui bermanfaat untuk membatasi penyusutan dari jantung dan otot tulang. Hal ini juga diketahu mampu meningkatkan sensitivitas terhadap insulin.

"Berpuasa dapat memiliki dampak yang signifikan mengenai bagaimana tubuh membuat dan menggunakan protein yang penting untuk menurunkan resistensi insulin dan menjaga bobot tubuh yang sehat," jelas Dr. Mindikoglu. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini