Protein kanker prostat bisa membantu penyembuhan pasien?

Kamis, 31 Mei 2012 22:57 Reporter : Rizqi Adnamazida
Protein kanker prostat bisa membantu penyembuhan pasien? Ilustrasi kanker prostat. merdeka.com/Shutterstock/Alejandro Dans Neergaard

Merdeka.com - Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa protein kanker prostat bisa menjadi panduan untuk mendiagnosis dan menemukan metode penyembuhan terbaik bagi pasien. Protein yang terbuat dari gen PRKCZ tersebut biasanya ditemukan hanya pada jenis sel kanker prostat yang bersifat ganas. 

"Kami sudah mengidentifikasi gen PRKCZ dalam sel kanker prostat yang bersifat independen dan protein yang dihasilkan tersebut bisa dibilang cukup unik dan aktif. 

"Kami sekarang perlu mengetahui peran protein tersebut dalam kanker prostat. Jika memang benar protein itu ada pada sel kanker ganas, kami mungkin bisa mengembangkan jenis obat untuk mengurangi efeknya," tutur Profesor Chris Foster dari University of Liverpool, seperti yang dikutip dari Daily Mail (31/05).

Studi yang telah dilaporkan dalam Journal of Cancer ini memang fokus kepada penemuan metode terbaru dalam memerangi kanker. Meskipun demikian, para ahli mengaku penelitian lebih lanjut tetap dibutuhkan.

Sementara itu, Dr. Julie Sharp dari Cancer Research UK yang merupakan pemilik dari British Journal of Cancer mendukung penemuan terbaru ini. Hampir sama seperti Profesor Foster, ia menuturkan bahwa pengetahuan gen PRKCZ yang kemungkinan besar memiliki peran aktif dalam pertumbuhan sel kanker bisa dijadikan panduan untuk mendiagnosis dan mengobati pasien kanker prostat dengan sukses. [riz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kanker Prostat
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini