Pro dan kontra memberikan dot pada bayi

Minggu, 17 November 2013 14:08 Reporter : Kun Sila Ananda
Pro dan kontra memberikan dot pada bayi Ilustrasi dot bayi. ©Shutterstock.com/ lorenzo gambaro

Merdeka.com - Memberikan dot pada bayi adalah cara praktis dan mudah yang dilakukan orang tua untuk menghentikan tangisan bayi mereka dan membuat bayi tidak berulah. Hal ini sering dilakukan oleh banyak orang tua dan menjadi kebiasaan bagi mereka.

Meski memberikan dot pada bayi adalah cara termudah untuk membuat mereka berhenti menangis dan tak merepotkan orang tua, para ahli mengemukakan bahwa memberikan dot pada bayi juga bisa memberikan efek negatif.

Sebelum Anda mempertimbangkan untuk memberikan dot pada bayi, sebaiknya perhatikan dulu sisi pro dan kontra dari kebiasaan tersebut, seperti dilansir oleh Boldsky. berikut ini.

PRO

1. Menyelamatkan nyawa

Saat ini sindrom 'sudden death' atau kematian mendadak pada bayi menjadi momok bagi semua orang tua. Meski begitu, penelitian menunjukkan bahwa bayi yang diberikan dot saat mereka menangis memiliki kemungkinan terhindar dari kematian mendadak ini. Namun sebaiknya orang tua segera melepaskan dot setelah mereka berhenti menangis.

2. Mudah membuat bayi tenang

Jika bayi memang lebih nyaman mengenyot dot saat mereka menangis atau gelisah, maka tak masalah memberikan dot pada bayi Anda. Salah satu sisi pro dari memberikan dot pada bayi adalah memberikan kemampuan pada bayi Anda untuk menenangkan diri mereka sendiri.

3. Sebagai penyaluran refleks

Salah satu sisi pro terbaik dengan memberikan dot pada bayi adalah memuaskan refleks mengenyot mereka. Ada banyak ibu yang kesulitan menghadapi refleks ini ketika mereka menyapih bayinya. Namun memberikan dot bisa menjadi salah satu jalan keluar.

Bersama dengan sisi pro mengenai memberikan dot pada bayi, ada juga sisi negatif atau sisi kontra, sebagai berikut.

1. Infeksi telinga

Menggunakan dot untuk menenangkan bayi dipercaya bisa menyebabkan lebih dari 40 persen infeksi telinga pada bayi. Berdasarkan penelitian, membiasakan bayi untuk menggunakan dot bisa menyebabkan mereka terkena infeksi telinga.

2. Membuat bayi bingung

Menggunakan dot langsung pada bayi yang baru lahir akan membuat mereka bingung ketika harus mengenyot puting payudara ibunya untuk ASI. Akan sangat disayangkan jika bayi mengalami kebingungan antara dot dengan puting ibu mereka. Menggunakan dot ketika bayi baru lahir bisa membuat mereka menolak menyusu pada ibu karena tak familiar dengan puting payudara ibu mereka.

3. Kebiasaan buruk

Tak hanya bagi bayi, menggunakan dot juga bisa menjadi kebiasaan buruk bagi orang tua. Hanya karena bayi bisa dengan muda tenang saat memakai dot, bukan berarti orang tua bisa bebas menjejalkan dot ke mulut bayi mereka setiap kali bayi menangis. Pada akhirnya, bayi juga memiliki kebiasaan buruk harus selalu mengenyot dot ketika mereka merasa tak nyaman atau menangis.

4. Masalah gigi

Sebuah penelitian mengungkap bahwa anak yang sejak kecil dibiasakan menggunakan dot memiliki kemungkinan terkena masalah mulut dan gigi. Mereka memiliki lebih banyak masalah gigi dibandingkan dengan anak yang tidak dibiasakan memakai dot saat kecil.

Itulah beberapa sisi pro dan kontra dari memberikan dot pada bayi. Sebenarnya tak masalah memberikan dot pada bayi untuk menenangkan mereka dan membantu orang tua. Namun sebaiknya jangan biasakan memberikan dot pada bayi hingga membuat mereka bergantung pada dot tersebut. Bagaimana pendapat Anda, para orang tua? [kun]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kesehatan Bayi
  3. Ibu Dan Anak
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini