KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Pria memang tak bisa membaca emosi wanita

Senin, 15 April 2013 15:56 Reporter : Rizqi Adnamazida
Ilustrasi pasangan. ©Shutterstock/Ana-Maria Tanasescu

Merdeka.com - Ungkapan pria tak mampu memahami wanita kini ternyata terbukti. Dalam sebuah penelitian terbaru, pria memang terbukti tak bisa membaca emosi wanita - setidaknya dari mata mereka.

Penelitian dalam jurnal PLoS ONE ini menunjukkan bahwa pria berusaha dua kali lebih keras untuk membaca emosi wanita dari matanya. Bagian tertentu pada otak pria yang berkaitan dengan emosi juga tidak terlalu aktif ketika mereka memandang mata wanita.

Sebelumnya, pernah ada penelitian lain yang menyatakan kalau pria kerap salah membaca pikiran wanita. Seperti sikap ramah wanita yang sering disalahartikan sebagai bentuk ketertarikan seksual pada pria.

Melalui sebuah penelitian, para ahli dari LWL-University Hospital di Herman pun melibatkan 22 pria berusia 21-52 tahun. Responden dipindai aktivitas otaknya sambil memandang 36 pasang mata pria dan wanita untuk dinilai emosinya.

Dari situ, diketahui bahwa pria butuh waktu lebih lama dan sering salah saat membaca emosi wanita dari matanya. Bukan cuma itu, amygdala - bagian otak yang berkaitan dengan emosi, empati, dan rasa takut - responden bereaksi lebih kuat saat memandang mata pria, demikian seperti yang dilansir dari Live Science.

Namun penyebab dari kegagalan pria membaca emosi wanita ini tidak mampu dipahami dengan jelas oleh peneliti. Sebuah teori menduga kalau pria memang diciptakan sebagai makhluk yang tidak begitu ambil pusing soal emosi wanita.

Baca juga:
Bersikap terbuka dengan pasangan? Ini caranya!
5 Kebiasaan wanita yang bikin pria jengkel
6 Cara menikmati masa lajang
Cara membangkitkan gairah cinta yang mulai padam
Trik mengubah pasangan jadi pria idaman [riz]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.