Pria di atas 55 tahun tak perlu rutin periksa kanker prostat

Sabtu, 4 Mei 2013 17:05 Reporter : Kun Sila Ananda
Pria di atas 55 tahun tak perlu rutin periksa kanker prostat Ilustrasi tes darah. ©Shutterstock.com/ Alliance

Merdeka.com - American Urogological Association mengumumkan bahwa pria berusia di atas 55 tahun tak perlu lagi menjalani tes darah untuk mendeteksi kanker prostat. Sebelum melakukan tes untuk kanker prostat, sebaiknya pria berusia 55 - 69 tahun berkonsultasi dengan dokter mereka mengenai risikonya.

Meski kelompok lain menyarankan agar pria rutin memeriksakan diri mereka untuk mendeteksi kanker prostat, namun kelompok ini tetap bersikeras menentang tes PSA rutin bagi pria berusia di atas 40 tahun, seperti dilansir oleh Newser (03/05).

Tes yang dilakukan untuk mendeteksi kanker prostat ini bisa menyebabkan impotensi dan inkontinensia. Namun penelitian menunjukkan bahwa tes untuk kanker prostat ini hanya bisa mencegah satu kematian dari 1.000 tes yang dilakukan.

Peneliti di American Urogological Association berusaha untuk mengubah ketetapan dalam melakukan screening kanker prostat pada pria. Meski begitu, beberapa dokter dan pasien mengaku belum siap jika harus meninggalkan tes untuk mendeteksi kanker prostat pada pasien mereka.

"Masyarakat sangat antusias untuk melakukan screening dan mendeteksi kanker prostat. Sebagian karena pesan yang kami berikan," ungkap pihak berwenang. [kun]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini