Pria dan Wanita Ternyata Miliki Jam Optimal Olahraga yang Berbeda, Ini Penjelasannya

Rabu, 22 Juni 2022 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Pria dan Wanita Ternyata Miliki Jam Optimal Olahraga yang Berbeda, Ini Penjelasannya ilustrasi olahraga. physicalsolutionsli.com

Merdeka.com - Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang penting kita lakukan secara rutin. Aktivitas fisik ini memiliki berbagai macam fungsi baik untuk menjaga kesehatan, kebugaran, maupun berat badan.

Waktu olahraga yang kita pilih ini ternyata bisa memiliki manfaat yang berbeda-beda. Penelitian terbaru menemukan dampak berbeda dari waktu olahraga ini terhadap wanita dan pria yang berbeda.

Dilansir dari Insider, olahraga pagi hari diketahui sangat optimal untuk membakar lemak perut wanita. Sementara itu, olahraga di sore atau malam hari sangat optimal untuk meningkatkan kekuatan pada bagian tubuh atas.

Sementara itu, pada pria, diketahui bahwa olahraga malam hari bisa optimal untuk menurunkan tekanan darah, risiko penyakit jantung, rasa lelah, serta membakar lebih banyak lemak. Hasil temuan ini diperoleh berdasar riset yang dilakukan oleh 47 orang dewasa di Skidmore College, New York.

Penelitian dilakukan terhadap dua kelompok yang dibagi berdasar waktu olahraga yaitu pada pagi dan malam hari. Dilakukan sejumlah pengukuran pada awal dan akhir olahraga yang dilakukan ini melingkupi jenis olahraga, komposisi tubuh, tekanan darah, serta asupan makanan yang masuk.

"Bagi wanita, olahraga di pagi hari bisa menurunkan lemak perut serta tekanan darah, sedangkan olahraga malam hari bisa meningkatkan kekuatan otot tubuh bagian atas, tenaga, dan daya tahan serta meningkatkan mood serta kepuasan nutrisi," terang peneliti Paul Arciero dilansir dari Insider.

2 dari 2 halaman

Manfaat Pemilihan Waktu untuk Berolahraga

Setelah 12 minggu percobaan, 27 wanita yang menjadi partisipan penelitian ini mengalami penurunan lemak tubuh dan tekanan darah lebih besar dari olahraga di pagi hari. Hal ini kemungkinan juga disebabkan karena pada saat berolahraga pagi hari seseorang cenderung memilih makanan lebih sehat dan konsumsi lebih sedikit kalori.

Arciero mengatakan bahwa hasil penelitian ini cukup meyakinkan dan bisa menjadi patokan untuk berolahraga. Tentu saja temuan ini masih perlu diuji kembali dengan jumlah partisipan yang lebih banyak dan mewakili variabel yang berbeda.

Kendati pemilihan jam ini memiliki manfaat yang nyata, namun ada hal lain yang juga perlu diperhatikan. Hal ini adalah seberapa rutin olahraga tersebut dilakukan.

Niat dan tujuan seseorang dalam melakukan olahraga ini merupakan hal yang penting untuk memperoleh hasil yang maksimal. Menyesuaikan olahraga yang dilakukan dengan waktu yang tepat dan menerapkannya secara rutin bisa sangat membantu dalam mengoptimalkan manfaat ini. [RWP]

Baca juga:
Sering Dipikir Sehat, 5 Cemilan Ini Sebaiknya Dihindari ketika Diet
Demi Menurunkan Berat Badan, ketahui Jarak Waktu Makan yang Ideal Dilakukan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini