Posisi tidur miring adalah yang paling sehat?

Selasa, 16 Juli 2013 09:11 Reporter : Kun Sila Ananda
Posisi tidur miring adalah yang paling sehat? ilustrasi tidur. ©2012 animalsicons.com

Merdeka.com - Ketika sudah mengantuk, biasanya orang tak banyak berpikir mengenai posisi tidur mereka. Padahal masing-masing posisi tidur memiliki pro dan kontranya masing-masing. Posisi tidur tak hanya bisa memberi manfaat, tetapi juga memberikan efek negatif pada tubuh.

Lantas, posisi tidur apa yang paling menyehatkan? Ada baiknya Anda menyimak dulu pro dan kontra dari masing-masing posisi tidur, seperti dilansir oleh Fit Sugar (11/07), berikut ini.

1. Tidur terlentang
Sisi positifnya, posisi tidur ini akan memberikan keseimbangan yang baik bagi berat tubuh Anda dan menjaga organ dalam tetap seimbang. Posisi tidur ini juga bisa mencegah rasa sakit pada bagian leher dan punggung. Hanya saja, pastikan bantal Anda tak lebih tinggi dari lutut untuk menjaga struktur punggung dan tulang belakang.

Sisi negatifnya adalah jika Anda punya kebiasaan mendengkur. Tidur terlentang akan membuat kebiasaan ini semakin parah. Jika Anda suka mendengkur, sebaiknya tidur miring.

2. Tidur miring
Tidur dengan posisi miring dan posisi fetal dengan lutut tertekuk serta bantal sebagai penyangga di antara kaki akan menghilangkan tekanan dari punggung. Penting untuk menggunakan bantal agar posisi Anda seimbang, karena bantal akan menyangga kepala dalam ketinggian yang sama dengan tubuh. Tidur miring juga membantu Anda mengurangi mulas pada perut. Uniknya, tidur miring ini tak memiliki sisi negatif, karena posisi ini mengikuti lekukan alami yang sudah dimiliki oleh tubuh.

3. Tidur telungkup
Tidur telungkup bisa memberikan efek positif jika Anda memiliki sakit punggung. Dengan tidur telungkup Anda akan mengurangi tekanan pada tulang bagian belakang. Namun posisi tidur ini juga memberikan beberapa efek negatif. Posisi tidur ini berisiko membuat leher Anda cedera karena melawan lekukan tubuh alami. Posisi tidur semacam ini juga memberikan tekanan yang berlebihan pada saraf sehingga bisa membuat tubuh terasa sakit atau nyeri ketika bangun.

Itulah beberapa sisi positif dan negatif dari masing-masing posisi tidur. Jika dilihat dari ulasan tersebut, tampaknya posisi tidur miring adalah yang paling sehat karena tak memiliki sisi negatif. Bagaimana pendapat Anda? [kun]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini