Pisang, teman atau lawan saat berdiet?

Senin, 21 Oktober 2013 14:10 Reporter : Rizqi Adnamazida
Pisang, teman atau lawan saat berdiet? Ilustrasi pisang. ©Shutterstock/daffodilred

Merdeka.com - Banyak tips diet yang beredar yang menyebutkan pisang sebagai salah satu makanan yang sebaiknya dihindari ketika berdiet. Bahkan sebagian program diet juga melarang pelaku diet untuk mengonsumsi pisang, padahal buah yang lain tetap bisa dimakan.

Menurut ahli diet, pisang sering dianggap sebagai perusak dan lawan pelaku diet. Sebab pisang mengandung indeks glikemik tinggi dan banyak kalori.

Namun selama lebih dari 20 tahun, belum ada bukti pasien dari para ahli diet yang mengaku jadi gendut akibat makan pisang. Fakta yang terjadi justru sebaliknya, makan pisang saat diet bisa menjaga kesehatan keseluruhan sekaligus menurunkan berat badan.

Sebagaimana dilansir dari Appetite for Health, pisang sendiri merupakan buah yang memiliki banyak khasiat kesehatan. Misalnya menangkal penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan sindrom metabolisme.

Jangan takut makan pisang ketika sedang diet, sebab meski memiliki indeks glikemik tinggi, jumlahnya tak sebanding jika disamakan dengan permen, soda, atau sari pati gandum. Jadi makan pisang tak akan langsung meningkatkan gula darah.

Bukan cuma itu, pisang mengandung zat tepung yang tak bisa dicerna dengan cepat. Sehingga perut justru bisa merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Hal ini tentu menguntungkan pelaku diet yang ingin mengontrol nafsu makan.

Dari berbagai penjelasan tersebut, sudah jelas bahwa pisang sebenarnya adalah 'teman' saat berdiet. Jadi jangan ragu mengonsumsi buah ini ketika berusaha menurunkan berat badan.

Baca juga:
Hati pelan-pelan bisa 'memakan' otak
Pro dan kontra prosedur sedot lemak
Banyak anak benci minum air putih, kenapa?
Cegah obesitas pada anak-anak dengan 5 langkah
Lawan obesitas dengan 10 langkah [riz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Manfaat Buah
  3. Tips Diet
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini