Perut kembung? Hindari makanan-makanan ini!

Reporter : Kun Sila Ananda | Kamis, 2 Agustus 2012 13:06
Perut kembung? Hindari makanan-makanan ini!
Permen karet. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Perut kembung seringkali dirasakan banyak orang, baik saat berpuasa maupun tidak. Namun perut yang terasa kembung tentu bisa mengganggu kenyamanan puasa Anda. Untuk mencegah perut kembung, Reader Digest Asia menyarankan Anda untuk menghindari makanan-makanan berikut ini.

1. Brokoli
Meski kaya vitamin dan serat, brokoli juga bisa menyebabkan gas dan perut kembung. Coba makan sedikit brokoli atau kunyah brokoli perlahan untuk mengurangi gas yang masuk ke pencernaan.

2. Pemanis buatan
Pemanis buatan memang mengandung sedikit kalori. Namun, makanan ini juga mengandung sedikit alkohol. Hindari atau minimalkan pemanis buatan untuk mengurangi gas yang membuat perut Anda tak nyaman.

3. Permen karet
Mengunyah beberapa jenis permen karet mungkin bisa membantu memutihkan gigi dan menyegarkan nafas, namun permen karet juga menyebabkan masuknya lebih banyak gas pada sistem pencernaan Anda. Kunyah permen karet dengan perlahan untuk mengurangi gas yang masuk.

4. Kubis
Kubis adalah sayuran sehat yang bisa dinikmati kapan pun tanpa mengenal musim. Namun sayuran ini juga bisa menyebabkan perut kembung yang menyakitkan. Coba hindari konsumsi makanan ini untuk mengurangi rasa kembung di perut.

5. Minuman bersoda
Meski beberapa minuman soda dibuat untuk membantu pencernaan, namun minuman ini juga bisa menyebabkan perut kembung. Hindari minuman bersoda untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

6. Susu
Susu mungkin kaya vitamin dan nutrisi, namun susu adalah penyebab terbesar perut kembung dan gas. Jika ingin minum susu, pilihlah susu bebas laktosa atau susu almond yang tidak menyebabkan kembung.

Saat berbuka atau sahur, coba hindari makanan-makanan di atas agar perut Anda tetap nyaman selama berpuasa.

[kun]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE