KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Pertolongan pertama saat anak tersedak

Selasa, 30 Oktober 2012 13:15 Reporter : Kun Sila Ananda
Ilustrasi pertolongan pertama tersedak. ©redcross.org.uk

Merdeka.com - Anak-anak dan bayi, bahkan orang dewasa pun bisa mengalami tersedak. Meski terlihat remeh, namun jika tak segera diatasi, tersedak juga bisa berbahaya. Makanan atau benda yang menyangkut di kerongkongan bisa menghalangi jalannya oksigen dan bisa berakibat fatal.

Ketika melihat anak tersedak, tindakan cepat ini yang harus Anda lakukan, seperti dilansir oleh Reader Digest Asia (29/10).

Anak-anak
- Keluarkan semua makanan atau benda dalam mulut. Jika ini terjadi pada orang tua, keluarkan juga gigi palsu yang dipakai. Meski begitu, jangan terlalu lama memasukkan jari di dalam mulut, dan jangan masukkan jari Anda terlalu dalam.

- Suruh anak batuk-batuk untuk membersihkan kerongkongan dan mengeluarkan sumbatan. Tekuk badan mereka ke depan dan pukul bagian di antara tulang belikat tiga atau empat kali dengan telapak tangan bagian bawah.

- Sebagai usaha terakhir, lakukan Heimlich maneuver, yaitu teknik membuat batuk buatan dengan meninggikan diafragma dan mendorong udara dari paru-paru.

Bayi
- Ketika bayi tersedak tengkurapkan bayi di sepanjang lengan Anda. Jaga kepalanya dengan telapak tangan. Kemudian, pukul dengan lembut namun tegas lima kali pada bagian di antara tulang belikat. Jika bayi berukuran lebih besar, maka duduklah dan letakkan bayi di paha Anda. Lakukan hal yang serupa.

- Jika ini tidak berhasil, balikkan tubuh bayi. Kemudian letakkan dua jari di bawah puting dengan jarak satu jari. Tekan ke dalam dan ke atas hingga lima kali. Ini dilakukan pada bagian diafragma untuk mendorong udara dari paru-paru.

Itulah pertolongan pertama yang bisa dilakukan ketika mendapati anak-anak atau bayi yang tersedak. Berhati-hatilah memberikan makanan atau benda kecil yang bisa dimasukkan ke dalam mulut oleh bayi atau anak-anak. Tanpa pengawasan, benda-benda tersebut bisa saja membuat mereka tersedak. [kun]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.