Perokok Berisiko Lebih Parah Mengalami Infeksi COVID-19

Rabu, 9 Juni 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Perokok Berisiko Lebih Parah Mengalami Infeksi COVID-19 Ilustrasi merokok. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/ra2studio

Merdeka.com - Merokok bisa menjadi penyebab dari sejumlah masalah kesehatan yang dialami oleh seseorang. Kebiasaan ini ternyata juga bisa menjadi penyebab infeksi COVID-19 yang dialami seseorang menjadi lebih parah.

Perokok memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk terkena penyakit COVID-19 yang parah dibandingkan non perokok berdasarkan kajian penelitian dari Organisasi Kesehatan Dunia, kata spesialis penyakit dalam dr. Pandang Tedi Adriyanto, M.Sc, Sp.PD, FINASIM dari Universitas Gadjah Mada.

"Merokok diketahui menjadi faktor risiko berbagai infeksi saluran pernapasan dan meningkatkan tingkat keparahan penyakit saluran pernapasan," kata dr. Pandang beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Tak hanya memperparah kondisi ketika terkena COVID-19, merokok memberikan dampak negatif terhadap kesehatan tubuh pada umumnya. Dia menjelaskan, saat merokok organ yang pertama terkontaminasi asap rokok dalam tubuh adalah saluran pernapasan dan paru-paru.

Asap rokok dengan senyawa aktif, senyawa tar, dan nikotin akan mengalami reaksi yang bermula dari masuknya asap rokok dalam alveolus paru-paru dan memberikan pengaruh negatif pada organ itu.

"Beberapa penyakit yang diakibatkan oleh kegiatan merokok di antaranya adalah 90 persen penyakit kanker paru-paru pada pria dan 70 persen pada wanita," ujar dokter spesialis penyakit dalam di Primaya Hospital Sukabumi itu.

Baca Selanjutnya: Sejumlah Masalah Kesehatan Lain Akibat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini