Perlukah Mandi Setiap Sampai Rumah Walau Hanya Pergi Sebentar?

Senin, 7 September 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Perlukah Mandi Setiap Sampai Rumah Walau Hanya Pergi Sebentar? Ilustrasi mandi. Shutterstock/Glaze Image

Merdeka.com - Pada masa adaptasi kebiasaan baru ini, terdapat sejumlah hal yang harus kita terapkan secara disiplin. Salah satu kebiasaan yang harus dilakukan ini adalah mandi saat sampai rumah.

Mandi setelah sampai rumah memang merupakan hal yang disarankan untuk dilakukan. Namun banyak yang bertanya apakah hal ini harus dilakukan walau hanya pergi keluar rumah sebentar?

"Harus tetap (mandi), keluar durasi sebentar atau lama tidak menjamin pajanan (tak menempel pada pakaian atau kulit). Pada dasarnya saat sudah ke luar rumah, kembali harus membersihkan diri dengan mandi bukan hanya mencuci muka," ujar ahli dermatologi dr. Fitria Agustina beberapa waktu lalau dilansir dari Antara.

Saat sampai di rumah, sebelum bercengkrama dengan anggota keluarga, segeralah lepas pakaian Anda dan menaruhnya di tempat seharusnya. Jangan membiarkannya tercecer karena bisa saja ada kuman, bakteri bahkan virus menempel.

Setelahnya segeralah mandi. Anda bisa menggunakan air dingin atau hangat untuk mandi, sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

Baca Selanjutnya: Jika Anda memilih air hangat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini