Perhatikan Waktu Menyimpan Daging Kurban di Kulkas untuk Jaga Kualitasnya

Senin, 12 Agustus 2019 12:34 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Perhatikan Waktu Menyimpan Daging Kurban di Kulkas untuk Jaga Kualitasnya Ilustrasi daging. ©2019 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Demi menjaga kualitas daging kurban, lamanya waktu penyimpanan di dalam kulkas juga perlu diperhatikan. Terdapat batas waktu yang perlu diketahui terkait penyimpanan daging kurban baik di freezer atau bagian kulkas lainnya.

Ahli teknologi pangan Purwiyatno Hariyadi menyampaikan, jangka waktu menyimpan daging kurban di kulkas biasa selama 3-4 hari. Batas waktu tersebut masih cukup.

"Tapi selama (daging kurban) itu di-frozen atau istilahnya dibekukan bisa bertahan seminggu, tiga minggu, sebulan, tiga bulan bahkan kuat sampai empat bulan," ujar Purwiyatno.

Berdasarkan Food Safety.gov, penyimpanan daging merah di freezer untuk steak dan daging panggang bisa bertahan 4-12 bulan. Untuk daging merah yang masih segar dan tidak diawetkan bisa bertahan 4-6 bulan.

Daging kurban yang disimpan dengan dibekukan pada dasarnya upaya untuk mempertahankan kandungan gizi. Pertumbuhan bakteri pun lebih lambat dibanding daging disimpan di kulkas biasa.

"Daging yang dibekukan pun aman dikonsumsi meski mengalami perubahan tekstur," Purwiyatno menambahkan.

Ketika didinginkan, mungkin terjadi perubahan rasa yang muncul pada daging. Namun jangan khawatir karena daging yang dibekukan ini tetap aman dikonsumsi.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini