Penyandang Diabetes Perlu Diprioritaskan dalam Vaksinasi COVID-19

Senin, 10 Mei 2021 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Penyandang Diabetes Perlu Diprioritaskan dalam Vaksinasi COVID-19 Ilustrasi diabetes. Shutterstock/Rustle

Merdeka.com - Selama ini pemberian vaksinasi COVID-19 masih dibatasi dan belum diberikan pada mereka yang memiliki komorbid atau penyakit bawaan. namun pada saat ini, pemberian vaksinasi ini sudah diperbolehkan termasuk pada penderita diabetes.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, Sehat Negeriku, orang dengan komorbid diabetes dinyatakan dapat menerima vaksinasi COVID-19 sepanjang belum mengalami komplikasi akut.

Ketut Suastika, Ketua Umum Pengurus Besar Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni) mengatakan bahwa pada prinsipnya, berapapun gula darah penyandang diabetes, dia harus diprioritaskan dalam vaksinasi COVID-19.

Namun, Suastika mengimbau agar penyandang diabetes yang akan vaksinasi COVID-19 untuk tetap menjaga gula darahnya dalam kondisi terkontrol.

Dalam sebuah temu media virtual beberapa waktu lalu, Suastika mengatakan bahwa beberapa negara sudah mengizinkan pasien diabetes untuk menerima vaksin corona tanpa memandang gula darah.

"Memang ilmunya belum sangat tuntas karena ini penyakit baru, tetapi tetap dianjurkan agar gula darahnya lebih baik dengan asumsi respon vaksinasi menjadi lebih baik dan tentu kemungkinan kena COVID lebih kecil," kata Suastika beberapa waktu lalu.

"Jadi tetap dianjurkan gula darahnya dijaga dengan baik, tetapi pada prinsipnya tanpa memandang gula darah seharusnya pasien-pasien diabetes diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Mengurangi Risiko Gejala Parah dari...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini