Pengidap Diabetes Bisa Lakukan Isoman di Rumah, Asal Perhatikan Sejumlah Hal Ini

Selasa, 12 Oktober 2021 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Pengidap Diabetes Bisa Lakukan Isoman di Rumah, Asal Perhatikan Sejumlah Hal Ini

Merdeka.com - Pada saat ini, angka penderita COVID-19 di Indonesia sudah jauh berkurang. Walau begitu, bukan berarti bahwa penyakit ini sudah benar-benar sirna sepenuhnya.

Dr. dr. Wismandari, Sp.PD-KEMD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Endoktrin, Metabolik dan Diabeters mengatakan bahwa pasien diabetes bisa melakukan isolasi mandiri di rumah jika dinyatakan positif COVID-19 namun dengan gejala ringan atau tanpa gejala.

Gejala COVID-19 ringan di antaranya adalah demam, batuk, nyeri sendiri, nyeri kepala, diare, hidung tersumbat, mual, muntah, anosmia, ageusia, frekuensi napas 12-20 kali per menit dan saturasi oksigen di atas 95 persen. Sedangkan untuk gejala sedang dan berat tidak disarankan menjalani isolasi di rumah.

"Syarat isolasi mandiri untuk pasien diabetes sebenarnya sama dengan yang lain, seperti menerapkan etika batuk, rutin memantau gejala, pemeriksaan suhu dan saturasi dua kali sehari pagi dan malam, kamar memiliki ventilasi yang baik dan terpisah dengan yang lain," ujar dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Baca Selanjutnya: Hal yang Harus Diperhatikan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini