Penggunaan Smartphone Lebih dari 5 Jam Sehari Bisa Tingkatkan Risiko Obesitas

Rabu, 31 Juli 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Penggunaan Smartphone Lebih dari 5 Jam Sehari Bisa Tingkatkan Risiko Obesitas ilustrasi menggunakan smartphone. ©2017 mashable.com

Merdeka.com - Penggunaan smartphone merupakan hal yang sudah tak bisa dihindari lagi pada saat ini. Pada beberapa orang, smartphone ini bahkan digunakan setiap hari dalam tempo yang cukup lama.

Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa penggunaan smartphone ini menyebabkan menurunnya aktivitas fisik. Dilansir dari EurekAlert, pada akhirnya, hal ini bisa berujung munculnya obesitas pada seseorang.

Hasil penelitian ini telah dipresentasikan pada ACC Latin America Conference 2019. Diketahui bahwa mahasiswa yang menggunakan smartphone sepanjang lima jam atau lebih setiap hari memiliki risiko meningkatnya obesitas sebanyak 43 persen. Selain itu mereka cenderung memiliki kebiasaan gaya hidup ini yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

1 dari 4 halaman

Kenyamanan Smartphone Menyebabkan Obesitas

"Cukup penting untuk banyak orang tahu dan mewaspadainya. Walaupun teknologi ini sangat menarik karena berbagai tujuannya, mudah dibawa, nyaman, bisa mengakses banyak jaringan, serta merupakan sumber informasi dan hiburan, namun juga harus diperhatikan untuk meningkatkan perilaku dan kesehatan," terang Mirary Mantilla-Morrn dari Simn Bolvar University, Barranquilla, Kolombia dan peneliti utama temuan ini.

"Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan smartphone memunculkan perilaku tidak bergerak terus-menerus, mengurangi lamanya aktivitas fisik, yang meningkatkan risiko kematian prematur, diabetes, penyakit jantung, berbagai jenis kanker, ketidaknyamanan tulang dan sendi, serta gangguan muskuloskeletal," sambungnya.

2 dari 4 halaman

Obesitas Lebih Rentan pada Wanita

Peneliti menganalisis 1060 siswa dari fakultas kesehatan di Simn Bolvar University selama Juni hingga Desember 2018. Grup yang diteliti ini terdiri dari 700 wanita dan 360 pria.

Usia rata-rata dari partisipan penelitian adalah 19 dan 20 tahun. Diketahui bahwa partisipan pria 26,1 persen lebih rentan kelebihan berat badan dan 42,6 persen dalam mengalami obesitas. Sedangkan wanita sebesar 63,9 persen lebih cenderung kelebihan berat badan dan 57,4 persen mengalami obesitas.

3 dari 4 halaman

Smartphone Digunakan Lima Jam atau Lebih Sehari

Peneliti menemukan bahwa risiko obesitas meningkat hingga 43 persen jika menggunakan smartphone selama lima jam atau lebih setiap hari. Partisipan juga dua kali lipat cenderung mengonsumsi minuman bergula, makanan cepat saji, permen, cemilan, serta mengalami penurunan aktivitas fisik.

Diketahui bahwa 26 persen dari partisipan yang kelebihan berat badan dan 4,6 persen dari mereka yang obesitas menghabiskan lebih dari lima jam di depan smartphone.

4 dari 4 halaman

Smartphone Pengaruhi Munculnya Obesitas

"Hasil penelitian ini membuat kami bisa menandai salah satu penyebab utama dari obesitas, salah satu faktor risiko untuk penyakit kardiovaskular," terang Mantilla-Morrn.

"Kami juga telah mengetahui bahwa jumlah waktu ketika seseorang terpapar penggunaan teknologi, secara spesifik penggunaan smartphone dalam waktu lama, dihubungkan dengan munculnya obesitas," tandasnya. [RWP]

Baca juga:
Apel Organik Miliki Kandungan Lebih Sehat dan Rasa yang Lebih Lezat
Wanita Usia Muda Memiliki Daya Tahan Influenza Jauh Lebih Kuat Dibanding Pria
Patah Hati Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Seseorang
Konsumsi Cabai Di Atas Batas Bisa Buat Seseorang Lebih Rentan Demensia
Mandi Air Hangat 90 Menit Sebelum Tidur Bisa Buat Kamu Lebih Nyenyak

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini