Pengaruh Mengonsumsi Thai Tea Bagi Kesehatan Tubuh

Kamis, 19 Mei 2022 11:00 Reporter : Magang
Pengaruh Mengonsumsi Thai Tea Bagi Kesehatan Tubuh Thai Tea. ©2018 The Spruce Eats

Merdeka.com - Saat ini banyak sekali variasi minuman untuk dinikmati dikala haus. Beberapa minuman ini bahkan menjadi populer hampir di seluruh dunia. Selain rasanya yang enak, pembuatannya yang praktis dan tidak memerlukan waktu lama menjadi daya tarik bagi orang-orang yang mempunyai aktivitas yang padat.

Salah satu minuman populer yang digemari banyak orang adalah thai tea. Thai tea merupakan minuman yang berasal dari teh hitam dengan rempah-rempah dan es yang populer di Thailand dan negara-negara sekitarnya. Thai tea memiliki warna oranye-merah yang khas karena rempah-rempah yang terkandung di dalamnya dan pewarna makanan merah.

Thai tea banyak ditemukan di gerai-gerai minuman dan restoran dan banyak yang menyajikan thai tea dengan topping seperti boba, cream cheese dan jelly. Yang membuat thai tea berbeda dari minuman lain adalah kandungan rempah-rempah yang ada di dalamnya. Rempah-rempah tersebut antara lain ada star anise, cardamom, dan tamarind seed.

Kandungan rempah-rempah ini memiliki pengaruh yang baik bagi kesehatan tubuh, dikutip dari health line, berikut ini manfaat thai tea bagi kesehatan tubuh berdasarkan kandungan yang ada di dalamnya:

2 dari 3 halaman

Teh Hitam dan Rempah-Rempah

1. Teh Hitam

hitam
©2018 Merdeka.com/Pixabay

Teh hitam mengandung antioksidan dan senyawa kimia yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga dapat mencegah resiko penyakit kronis. Studi klinis menunjukkan bahwa minum teh hitam dapat melindungi tubuh terhadap diabetes, penyakit jantung dan dapat mendukung upaya penurunan berat badan.

2. Cardamom

ilustrasi cardamom
©2022 Merdeka.com/Rawpixel

Cardamom mengandung beberapa senyawa kimia, antara lain karbohidrat, protein, mineral, lipid, minyak atsiri, flavonoid, terpenoid, dan karotenoid. Rempah-rempah ini dapat meningkatkan manajemen diabetes dan kadar trigliserida yang lebih rendah

3. Star Anise

ilustrasi star anise
©2022 Merdeka.com/commons.wikimedia.org

Star anise memiliki sifat antivirus sehingga sudah lama dijadikan bahan pengobatan tradisional di Tiongkok. Star anise juga digunakan oleh negara-negara Barat untuk mengobati penyakit seperti flu.

3 dari 3 halaman

Tamarind Seeds

4. Tamarind Seeds

ilustrasi tamarind seed
©2022 Merdeka.com/pixahive.com

Rempah-rempah satu ini kaya akan fitokimia yang aktif secara biologis yaitu merupakan senyawa tanaman dengan sifat antioksidan terutama flavonoid, anthocyanin, vitamin C, dan karotenoid. Tamarind seeds dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang diyakini para peneliti memiliki fungsi prebiotik, seperti anti-inflamasi, anti-obesitas, dan pemeliharaan usus. Prebiotik merupakan jenis serat makanan yang memelihara bakteri ramah di usus Anda dan dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Selain baik untuk kesehatan tubuh, di sisi lain thai tea juga dapat memperburuk kesehatan tubuh terutama jika dikonsumsi secara berlebihan. Thai tea mengandung gula tambahan yang cukup tinggi sekitar enam sendok teh yang mungkin berbahaya bagi kesehatan Anda jika dikonsumsi secara terus menerus. Thai tea mengandung 50% dari asupan gula harian yang disarankan, sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan maka dapat menimbulkan penyakit seperti diabetes tipe 2.

Selain itu, penggunaan pewarna merah pada thai tea dapat menyebabkan penyakit serius seperti kanker. Perlu dicatat bahwa keberadaan benzidine dan karsinogen lainnya (agen yang berpotensi menyebabkan kanker pada manusia) telah terdeteksi dalam tiga pewarna salah satunya yaitu pewarna merah yang paling tinggi tingkatannya.

Reporter: Eleonora Gifthalia Christi Adena [mgd]

Baca juga:
Penyebab Ambeien Kambuh dan Cara Mengatasinya, Lakukan Hal Ini
Penyebab Gusi Bengkak pada Anak dan Cara Mengobatinya, Orang Tua Wajib Tahu

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini