Peneliti temukan cara sembuhkan AIDS tanpa obat!

Jumat, 7 Maret 2014 17:20 Reporter : Kun Sila Ananda
Peneliti temukan cara sembuhkan AIDS tanpa obat! Ilustrasi AIDS. ©Shutterstock/OtnaYdur

Merdeka.com - Selama ini pasien HIV/AIDS harus minum obat secara rutin untuk tetap bertahan hidup. Namun baru-baru ini peneliti mengklaim bahwa mereka telah menemukan cara untuk menyembuhkan AIDS sehingga pasien tak perlu lagi mengonsumsi obat-obatan tersebut. Cara itu adalah melalui modifikasi gen.

Cara ini dilakukan oleh peneliti Amerika Serikat dengan memodifikasi gen pada sel darah pasien HIV agar kebal terhadap virus AIDS. Peneliti menjelaskan bahwa perawatan ini menjanjikan dan aman untuk dilakukan, seperti dilansir oleh Daily Mail (05/03).

Hasil ini menurut peneliti memberikan harapan bahwa di masa depan pasien HIV tak harus mengonsumsi obat untuk bertahan hidup. Cara ini bisa menawarkan kesembuhan bagi pasien HIV dan membebaskan mereka dari biaya perawatan obat selamanya.

Peneliti mendapatkan ide untuk melakukan ini setelah seorang dokter di Boston mengumumkan bahwa mereka berhasil menyembuhkan bayi perempuan dari HIV. Bayi yang lahir di Los Angeles tahun lalu ini bisa disembuhkan dengan perawatan yang sangat dini. Dia segera dirawat selama empat jam sejak lahir dan saat ini tak menunjukkan tanda-tanda infeksi.

Ide ini juga muncul setelah peneliti mengetahui salah satu pasien yang sembuh dari HIV setelah melakukan transplantasi tulang belakang tujuh tahun lalu di Berlin. Transplantasi itu datang dari donor yang kebal terhadap virus HIV. Diketahui hanya satu persen orang yang memiliki gen dengan kekebalan terhadap virus tersebut.

Hal ini kemudian membuat peneliti mencari cara cepat untuk bisa mendapatkan hasil yang sama yaitu dengan memodifikasi sel darah pasien. Eksperimen dilakukan pada 12 pasien dan dipimpin oleh Dr Carl June dari University of Pennsylvania.

Semua darah pasien disaring untuk menghilangkan beberapa sel mereka. Setelah itu, gen darah diubah dan disuntikkan kembali pada pasien. Setelah empat minggu kemudian, setengah partisipan diketahui tak memerlukan obat AIDS untuk tetap hidup.

Virus HIV kembali pada semua partisipan kecuali satu orang. Meski begitu, hal ini merupakan penanda baik. Tujuan utama peneliti adalah membuat sistem kekebalan tubuh yang sudah diubah secara genetik untuk kebal terhadap HIV.

Cara ini menurut peneliti sudah benar, namun mereka memerlukan banyak eksperimen lagi di masa depan untuk benar-benar bisa membuat pasien AIDS sembuh seketika. Peneliti menemukan bahwa sel darah merah yang sudah dimodifikasi terus berlipat ganda. Bukan tak mungkin, pada tahun mendatang partisipan akan berhasil sembuh dari AIDS akibat eksperimen tersebut. [kun]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini