Pemberian Vaksin Sejak Dini Bisa Turunkan Risiko Penyakit Berbahaya

Minggu, 1 November 2020 07:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Pemberian Vaksin Sejak Dini Bisa Turunkan Risiko Penyakit Berbahaya Ilustrasi vaksin. Shutterstock/ChameleonsEye

Merdeka.com - Pada masa persebaran infeksi seperti saat ini, sejumlah cara dilakukan untuk mencegah persebaran penyakit. Salah satu harapan terbesar dalam mencegah penyakit ini adalah dengan menunggu ditemukannya vaksin yang tepat.

Sejak ditemukan oleh dr Edward Jenner pada 1976, tujuan keberadaan vaksin tidak pernah berubah, yakni untuk menyelamatkan umat manusia dari penyakit menular dan mematikan. Sejauh ini, vaksin yang beredar seperti vaksin cacar, rabies, campak, polio, hepaptitis B, dan lainnya terbukti bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Bahkan, menurut keterangan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 2 hingga 3 juta jiwa di dunia bisa terselamatkan setiap tahun dengan adanya vaksin.

Aktivis Yayasan Orangtua Peduli dr Endah Citraresmi Sp.A(K) menjelaskan, vaksin berasal dari virus atau bakteri yang sudah dilemahkan. Pemberian vaksin bertujuan membentuk kekebalan tubuh manusia terhadap suatu penyakit tertentu.

"Pada saat kita diberikan vaksin, maka tubuh akan membentuk antibodi untuk memproteksi kita. Jadi kita akan kebal terhadap infeksi di kemudian hari dan tidak ada periode sakitnya," terang Endah beberapa waktu lalu.

Dengan demikian, ketika virus penyebab penyakit tersebut menyerang, tubuh sudah siap dan tidak akan mengalami sakit.

Baca Selanjutnya: Turunkan Angka Kematian Sejumlah Penyakit...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini