Peliknya Situasi Covid-19 bagi Ibu Hamil

Sabtu, 23 Oktober 2021 15:17 Reporter : Titah Mranani
Peliknya Situasi Covid-19 bagi Ibu Hamil Vaksin bagi ibu hamil. ©2021 Merdeka.com/foto: pixabay.com

Merdeka.com - Merebaknya virus covid-19 membuat banyak orang tertekan, tak terkecuali ibu hamil. Menurut hasil penelitian, hampir 70% ibu hamil mengalami tingkat kesusahan sedang selama pandemi berlangsung. Dan sebanyak 20% mulai mengalami gejala depresi.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan betapa menyedihkannya pandemi covid-19 bagi ibu hamil, dan kebutuhan yang berkelanjutan untuk mendukung mereka dengan lebih baik. Pokok permasalahan yang paling penting adalah mempertimbangkan kesehatan mental secara terpusat dalam mendukung para ibu hamil ini.

Seperti dikutip dari Fimela.com, penelitian yang dilakukan kepada 1.500 ibu hamil di Kanada selama pandemi covid-19 ini dengan memberikan mereka daftar masalah kehamilan terkait covid-19 dan menanyakan apa, jika ada yang menjadi kekhawatiran mereka.

Dari jawaban tersebut kekhawatiran utama adalah terkait kebijakan rumah sakit tentang siapa yang bisa berada di ruangan bersama mereka selama persalinan. Lalu tidak bisa memperkenalkan bayi mereka kepada teman dan keluarga. Sakit covid-19 selama kehamilan, tidak bisa menjangkau keluarga dan teman-teman untuk bantuan selama periode postpartum yang melelahkan. Serta informasi yang saling bertentangan terkait covid-19 selama kehamilan dan bayi baru lahir.

Studi lain di California dan Italia juga menunjukkan betapa emosional dan kecemasan abnormal membebani para ibu hamil yang bisa menimbulkan risiko depresi yang berlipat ganda di tengah masa covid-19.

Masa kehamilan dan pascamelahirkan bisa membuat para ibu stres dan kelelahan secara emosional. CDC memperkirakan bahwa 1 dari 8 perempuan biasanya berjuang dengan depresi pascapersalinan. Namun, para peneliti mengatakan bahwa banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi kecemasan tersebut.

Para tenaga medis, teman dan keluarga bisa membantu dengan memvalidasi betapa sulitnya pengalaman ini bagi ibu hamil. Perlu diingat juga bahwa ibu hamil tidak hanya membutuhkan dukungan selama kehamilan saja, tetapi juga pada masa pascamelahirkan, lebih dari sebelumnya.

Fimela.com/Annissa Wulan [ttm]

Baca juga:
Vaksinasi Ibu Hamil di Palembang Baru 4 Persen, Warga Diimbau Datangi Faskes
Perbedaan Pusing Hamil dengan Pusing Biasa yang Perlu Diketahui, Ini Lengkapnya
Jaga Perkataan saat Hamil, Bayi Bisa Mendengar dalam Kandungan
Ramuan untuk Kaki Bengkak Saat Hamil, Ketahui Pula Cara Atasi dengan Pola Makan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini