Pastikan untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak agar Terhindar dari Anemia

Senin, 22 Februari 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Pastikan untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak agar Terhindar dari Anemia Ilustrasi anak makan. thehealthsite

Merdeka.com - Masalah kekurangan zat besi merupakan hal yang sebaiknya dihindari oleh siapa saja. Hal ini juga bisa dialami oleh anak dan sebisa mungkin perlu dicegah.

Dokter Spesialis Gizi Klinis Luciana B. Sutanto mengingatkan orangtua untuk memperhatikan asupan nutrisi anak agar tidak kekurangan zat besi yang dapat menyebabkan anemia.

“Kekurangan zat besi pada anak berpotensi menghambat pertumbuhan kognitif, motorik, sensorik, dan sosial anak. Jika tidak ditangani secara tepat, dampaknya bisa jadi permanen," kata Luciana beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan satu dari tiga anak Indonesia berusia di bawah lima tahun tercatat mengalami anemia, salah satunya disebabkan kekurangan gizi. President of Indonesian Nutrition Association (INA) itu menjelaskan, hal ini dapat dicegah dengan memberikan makanan yang kaya zat besi seperti daging merah, hati, ikan, ayam, bayam, dan susu.

Selain itu memberikan makanan yang mengandung vitamin C juga penting untuk mendukung penyerapan zat besi. Dia menjelaskan isi makanan yang ideal dalam piring makan anak, yakni 35 persen lauk pauk seperti daging sapi, ayam, telur, ikan, tempe dan tahu, kemudian 35 persen makanan pokok seperti nasi, kentang, singkong, atau jagung dan sisanya sayur dan buah-buahan.

Baca Selanjutnya: Kebutuhan Zat Besi pada Anak...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini