Pasien Diabetes Tetap Disarankan Olahraga saat Berpuasa asal Perhatikan Hal Ini

Rabu, 21 April 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Pasien Diabetes Tetap Disarankan Olahraga saat Berpuasa asal Perhatikan Hal Ini ilustrasi olahraga. mensjournal.com

Merdeka.com - Berolahraga merupakan hal yang penting untuk tetap dilakukan walau saat sedang berpuasa. Hal ini juga tetap penting untuk dilakukan bahkan pada pasien diabetes.

Dokter spesialis penyakit dalam dari Universitas Sriwijaya, Lingga Gumelar mengatakan, pasien diabetes tetap bisa berolahraga walaupun tengah berpuasa di Ramadan ini, namun memperhatikan sejumlah hal salah satu waktu.

"Sebaiknya lakukan olahraga 1-2 jam sebelum berbuka puasa agar tidak mengakibatkan gula darah terlalu rendah," ujar dia dalam sebuah diskusi via daring dilansir dari antara.

Menurut Lingga, sama seperti orang sehat pada umumnya, berolahraga tak boleh dilakukan berlebihan apalagi selama berpuasa karena bisa memicu gula darah terlalu rendah. Menjaga tubuh tetap aktif selama Ramadan sebenarnya juga bisa melalui rutin melakukan salat, termasuk salat sunah tarawih. Gerakan salat ini bisa tergolong sebagai sebuah aktivitas fisik.

Terkait pengaturan makan, Lingga merekomendasikan pasien memenuhi 50 persen kebutuhan energinya dalam sehari saat berbuka puasa yang terbagi menjadi 10 persen makanan ringan sebelum salat magrib dan 40 persen makanan utama sesudah salat magrib. Kemudian, 10 persen makanan ringan sesudah salat tarawih dan makanan utama sebesar 40 persen pada saat sahur.

Makanan yang dikonsumsi harus bergizi seimbang dengan proporsi karbohidrat 45-65 persen, protein 15-20 persen dan lemak 20-25 persen. Pasien juga jangan melupakan zat gizi lain seperti mineral dan vitamin. Saat sahur, sebaiknya konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oat, kentang, jagung, gandum karena akan dicerna lebih lambat sehingga dapat membuat diabetesi merasa kenyang lebih lama dan dapat menjaga gula darah lebih stabil.

"Konsumsi karbohidrat kompleks ini harus disertai sumber protein rendah lemak seperti ikan, ayam, putih telur, tahu, tempe dengan porsi 1-2 potong sedang, serta sayur dan buah dalam jumlah 1-2 porsi," kata Lingga.

Baca Selanjutnya: Hal yang Perlu Diperhatikan Pasien...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini