Pasien Diabetes Lupa untuk Suntik Insulin sebelum Makan, Apa yang Harus Dilakukan?

Kamis, 4 Maret 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Pasien Diabetes Lupa untuk Suntik Insulin sebelum Makan, Apa yang Harus Dilakukan? ilustrasi diabetes. ©www.youtube.com/VetVid

Merdeka.com - Salah satu hal yang paling pentang dalam penanganan diabetes adalah mengatur pola makan yang tepat. Hal ini penting agar terapi insulin yang diberikan pada pasien jadi tepat guna. Walau begitu, hal ini kadang lupa atau terlewat dilakukan.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PB PERKENI) Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, SpPD-KEMD, menjelaskan bahwa insulin seharusnya diberikan sebelum makan.

“Karena kerja insulin itu kalau kita suntikkan pada saat sebelum makan kemudian diikuti dengan makan nanti gula darahnya pas dengan kerja insulin,” ujar Ketut dalam seminar daring Novo Nordisk beberapa waktu lalu.

“Kalau kita suntik setelah makan, bisa saja sih, tapi sebagian gula darah sudah naik duluan baru insulinnya kerja,” tambahnya.

Agar tidak lupa, ia menganjurkan bagi para pasien diabetes untuk menyiapkan nasi di meja makan kemudian suntik, setelah itu bisa langsung makan. Insulin di masa kini biasanya dapat disuntikkan kemudian langsung makan tanpa perlu menunggu.

“Kalau zaman dulu, setelah suntik insulin kan harus menunggu setengah jam baru makan. Kalau sekarang, sesaat setelah insulin pun bisa langsung makan jadi enggak lupa,” terangnya.

Baca Selanjutnya: Jika Terlanjur Makan Sebelum Insulin...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Fakta Kesehatan
  3. Diabetes
  4. Tips Sehat
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini