Pandemi COVID-19 Picu Percepatan Perkembangan Layanan Kesehatan Digital di Indonesia

Senin, 11 Oktober 2021 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Pandemi COVID-19 Picu Percepatan Perkembangan Layanan Kesehatan Digital di Indonesia Ilustrasi Telemedis. ©Deposit Photo

Merdeka.com - Pandemi COVID-19 yang berlangsung hampir dua tahun ini telah menyebabkan sejumlah perubahan pada kehidupan masyarakat Indonesia. Salah satu perubahan yang terjadi adalah kebiasaan masyarakat saat ini dalam penggunaan layanan kesehatan berbentuk digital.

Berdasarkan studi penelitian Medix Global yang dilakukan oleh Kantar terungkap bahwa penggunaan layanan kesehatan digital untuk berkonsultasi dan berobat kini semakin meningkat. Hal ini terjadi karena masih adanya ketakukan masyarakat terhadap masalah kesehatan dan pembatasan sosial yang disebabkan oleh pandemi COVID-19.

Sembilan dari sepuluh masyarakat Indonesia, atau 92 persen populasi Indonesia dari berbagai golongan, mengatakan pandemi meyakinkan mereka tentang manfaat layanan kesehatan digital, dan mereka akan menggunakan aplikasi digital ketika ingin berkonsultasi dan mendapatkan pengobatan medis. Angka tersebut lebih besar dari 64 persen masyarakat yang sudah menggunakan aplikasi kesehatan digital sebelum pandemi. Karena ketakutan terhadap COVID-19 dan pembatasan sosial, 90 persen masyarakat mengatakan akan mencari saran medis melalui telekonsultasi.

“Karena pandemi, masyarakat Indonesia memiliki kesadaran lebih tinggi tentang layanan kesehatan. Pandemi telah menggarisbawahi kebutuhan individu untuk bertanggungjawab atas kesehatan mereka dan keluarga mereka, dan untuk memastikan mereka mendapatkan layanan kesehatan terbaik. Dengan besarnya populasi, Indonesia juga menjadi salah satu negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia,” terang Sigal Atzmon, CEO dan Pendiri Medix Global.

Baca Selanjutnya: Kepercayaan Terhadap Sistem Pelayanan Kesehatan...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Info Kesehatan
  3. Fakta Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini