Pandemi Berdampak pada Mental Anak, Penting Bagi Orangtua untuk Mendampingi

Jumat, 2 Juli 2021 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Pandemi Berdampak pada Mental Anak, Penting Bagi Orangtua untuk Mendampingi Ilustrasi orangtua dan anak. ©Pixabay/skeeze

Merdeka.com - Permasalahan yang dihadapi pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini tidak hanya dialami orang dewasa. Pada anak, masalah juga bisa muncul termasuk terkait kesehatan mental.

Gangguan kesehatan mental yang muncul akibat pandemi COVID-19 pada anak bisa menimbulkan dorongan untuk menyakiti diri sendiri, bahkan ingin bunuh diri, demikian dokter spesialis kedokteran jiwa konsultan psikiatri anak dan remaja RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, Anggia Hapsari.

"Mereka inginnya instan dalam hal mengatasi emosi, ketika berhadapan dengan keterbatasan di tengah pandemi, seperti tak bisa bertemu teman, tidak ada teman curhat, aktivitas dibatasi, itu membuat perasaan mereka tumpul dan kosong," kata Anggia dalam webinar beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Di tengah rasa sepi dan frustrasi, anak merasa ingin merasakan sakit yang mendorong mereka melukai diri sendiri. Tindakan itu dapat berulang-ulang, membuat suasaha hatinya semakin terpuruk dan anak kian rapuh. Pada akhirnya, anak ingin mengakhiri rasa sakit dengan cara mengakhiri hidupnya.

2 dari 2 halaman

Penting Bagi Orangtua Tahu Kapan Butuh Bantuan

Sama seperti permainan yang bisa diulang dari awal ketika pemainnya kalah, anak juga berpikir dia bisa mengulang dari awal di kehidupan baru dengan cara mengakhiri hidup. Penting bagi orangtua untuk mendampingi anak dalam mencari bantuan profesional tanpa ada penghakiman.

Anggia menuturkan, orangtua harus menerima keadaan anak dan tidak boleh menganggap perasaannya sebagai hal sepele. Dorongan untuk menyakiti diri sendiri atau mengakhiri hidup pada anak bisa dihentikan ketika mereka meyakini orangtua selalu ada untuk mendukung.

"Jangan bilang 'ah begitu saja tidak bisa, yang kuat dong'. Lakukan pendampingan tanpa adanya penghakiman, anak juga ingin didengarkan, mereka harus tahu pasti ada orangtua yang ada buat mereka," saran Anggia. [RWP]

Baca juga:
Tips Jauhkan Si Kecil dari Covid-19 Varian Delta
Saat Anak Bergejala Covid-19, Lakukan Hal Ini
Sejumlah Hal yang Penting Diketahui Orangtua dalam Pemberian MPASI Anak
Bayi Juga Bisa Menggunakan Hand Sanitizer Asal Seperti Ini

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini