Pakar Diet Sebut Turunkan Beran Badan dengan Konsumsi 500 Kalori per Hari Tidak Ideal

Senin, 8 Maret 2021 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Pakar Diet Sebut Turunkan Beran Badan dengan Konsumsi 500 Kalori per Hari Tidak Ideal Ilustrasi diet ekstrem. © sheknows.com

Merdeka.com - Warganet tengah berpolemik mengenai diet ala selebritas Tya Ariesta. Dalam diet yang dituliskannya dalam buku tersebut, Tia mengaku bisa menurunkan berat badan hingga 25 kg dalam 4 bulan.

Salah satu yang jadi sorotan mengenai jumlah kalori yang dikonsumsi Tia Ariestya dalam menurunkan berat badan. Di akun Twitter @gizipedia_id yang dikelola oleh tiga ahli gizi menuliskan bila mengutip menu Tya Ariestya pada 19 Oktober 2020, bila dihitung-hitung wanita 34 tahun itu dalam sehari hanya menyantap kurang dari 500 kalori.

"Tahu VLCD? Very Low Calorie Diet?

Contoh terkenal diet IU, diet jennie dll. Biasanya memang identik dengan diet artis karena hanya digunakan bbrp hari sebelum acara penting sejenis photoshoot. Jadi pas hari H, tubuh lebih ramping. Gitu ya tujuannya," cuit @gizipedia_id.

Meski bisa membuat tubuh terlihat ramping, menu makan dengan kalori amat rendah kurang dari 500 kalori dilarang pakar kesehatan bila digunakan untuk jangka panjang.

"Diet ini dilarang pakar kesehatan untuk dilakukan jangka panjang. Lagi pula terbukti ngga awet efeknya," cuit @gizipedia_id lagi.

Pada orang usia produktif sekitar 20 hingga 45 tahun kebutuhan kalori sekitar 1.800 hingga 2.000. Asupan ini terdiri dari tiga kali makan besar dan atau bersama dua kali makan camilan, seperti disampaikan registered dietitian Yade Yasin.

"Kalau dalam sehari cuma 300-500 kalori, itu enggak cukup," kata Yade.

Bila merujuk pada kebutuhan orang usia produktif umumnya di kisaran 1.800-2.000 kalori per hari, maka 500 kalori itu hanya untuk sekali makan saja. Misalnya makan siang yang terdiri dari 3 centong nasi/sumber karbohidrat lain (sekitar 150 gram), sayuran 1 mangkuk (150 gram), lauk hewani (misal dua potong ayam tanpa kulit 80 gram) serta lauk nabati misalnya tahu dua potong.

Baca Selanjutnya: Bila Asupan Kalori Kurang...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini