Pakai Masker Efektif Tekan Kasus Covid-19 Hingga 53 Persen

Selasa, 23 November 2021 15:00 Reporter : Dwi Zain Musofa
Pakai Masker Efektif Tekan Kasus Covid-19 Hingga 53 Persen Ilustrasi masker kain. ©Pixabay/Ben_Kerckx

Merdeka.com - Memakai masker menjadi salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan sebagai upaya terhindar dari paparan Covid-19. Dalam sebuah studi global baru-baru ini, terungkap bahwa memakai masker adalah satu-satunya tindakan kesehatan masyarakat yang paling efektif dalam mengatasi Covid-19 dan dapat mengurangi kejadian hingga 53 persen.

Menurut studi peer-review di British Medical Journal, memakai masker, menjaga jarak sosial, dan mencuci tangan adalah langkah-langkah efektif untuk membatasi kasus Covid-19. Di mana memakai masker menjadi yang paling efektif.

“Beberapa tindakan perlindungan pribadi dan sosial, termasuk mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak fisik dikaitkan dengan pengurangan kejadian Covid-19.”

Mereka mengatakan hasil menyoroti perlunya terus memakai masker, menjaga jarak sosial dan mencuci tangan di samping program vaksin.

Sementara itu, hasil dari lebih dari 30 penelitian juga menunjukkan pengurangan 25 persen dengan physical distancing.

Di sisi lain, mencuci tangan menunjukkan penurunan 53 persen dalam kejadian Covid. Meskipun para peneliti mengatakan bahwa ini tidak signifikan secara statistik karena sejumlah kecil studi mencuci tangan yang disertakan.

"Kemungkinan cuci tangan menjadi penanda beberapa perilaku protektif seperti menghindari keramaian, menjaga jarak, dan memakai masker. Temuan dari studi observasional mungkin lebih baik ditafsirkan sebagai dampak dari sekumpulan perilaku protektif yang berkorelasi,” kata para peneliti.

Langkah-langkah lain, seperti penguncian dan penutupan perbatasan, sekolah dan tempat kerja memerlukan analisis lebih lanjut untuk menilai potensi efek negatifnya pada populasi. Demikian menurut para peneliti di Monash University dan University of Edinburgh.

Pendanaan untuk langkah-langkah kesehatan masyarakat menyumbang hanya 4 persen dari penelitian Covid global, kata penulis editorial.

Mengigat betapa efektifnya memakai masker untuk mencegah paparan Covid-19, alangkah baiknya jika Anda dan keluarga selalu disiplin dari penerapan protokol kesehatan 3M baik di dalam rumah terlebih saat beraktivitas di tempat umum.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Sulung Lahitani [dzm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini