Pada Masa Pandemi, Konsultasi dengan Dokter Dahulu Sebelum Jalani Diet Ekstrem

Selasa, 9 Maret 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Pada Masa Pandemi, Konsultasi dengan Dokter Dahulu Sebelum Jalani Diet Ekstrem Ilustrasi diet ekstrim. Shutterstock/Evgeny Atamanenko

Merdeka.com - Melakukan diet merupakan salah satu cara yang dilakukan banyak orang untuk menurunkan berat badan. Sayangnya, pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, hal ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Ketua Indonesia Sport Nutrisionis Association (ISNA) Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes mengatakan melakukan diet ekstrem saat pandemi tidak disarankan, karena akan menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan pada tubuh.

"Diet saat pandemi dibolehkan, hanya saja jangan ekstrem. Dietlah dengan mengatur makanan yang mengatur sistem imunitas tubuh (dengan baik)," kata Dr. Rita dilansir dari Antara.

Dr. Rita memaparkan, melakukan diet ekstrem atau ketat dapat mengganggu keseimbangan asam basa, metabolisme tubuh, hingga malnutrisi. Kerusakan metabolik itu akan terjadi proses peradangan dalam tubuh, dan dapat melemahkan imunitas.

Diet ekstrem mungkin dapat memangkas beberapa kilogram dari berat badan, namun metabolisme juga bisa terpengaruh.

"Melakukan diet ekstrem tidak disarankan, karena bisa jadi yang berkurang adalah air, massa otot dan massa tulang. Pada saat proses penurunan berat badan, yang seharusnya hilang adalah lemak," kata dia.

Baca Selanjutnya: Hal yang Harus Diperhatikan...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tips Diet
  3. Diet Ekstrem
  4. Fakta Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini