Orangtua Perlu Waspada Terjadinya Gangguan Kesehatan Mental Anak di Masa Pandemi

Senin, 5 Juli 2021 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Orangtua Perlu Waspada Terjadinya Gangguan Kesehatan Mental Anak di Masa Pandemi Ilustrasi anak stres. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Patrick Foto

Merdeka.com - Orangtua tidak hanya perlu menyadari gangguan mental yang mereka alami saja namun juga pada buah hati mereka. Hal ini terutama pada masa pandemi seperti saat ini.

Dokter spesialis kedokteran jiwa dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Anggia Hapsari, menegaskan pentingnya deteksi dini dan mengenali gejala gangguan kesehatan mental pada anak dan remaja di tengah pandemi.

"Kesehatan mental anak-anak dan remaja sangat terdampak oleh pandemi, kesejahteraan mereka harus diprioritaskan, jangan ditunggu hingga menjadi krisis," kata Anggia beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Konsultan psikiatri anak dan remaja menuturkan gejala kesehatan mental pada anak yang harus diwaspadai orangtua, seperti mengalami kesulitan tidur dan makan, mimpi buruk, berubah sikap menjadi agresif atau menarik diri. Anak yang sudah belajar buang air di toilet bisa jadi akan kembali mengompol.

Anak dapat merasa marah atau kesal dan tidak mau bersosialisasi dengan teman-temannya, dia memilih untuk berkomunikasi dengan orang-orang di dunia maya yang tak dikenal ketimbang berbincang secara virtual dengan kawan-kawannya. Gejala lain yang harus diperhatikan adalah adanya keluhan fisik tanpa penyebab yang jelas, misalnya sakit perut atau pegal-pegal tanpa sebab.

"Anak juga takut sendirian, selalu ingin berada di dekat orang tua dan sangat ketergantungan. Clingy, apa-apa minta diladeni," katanya.

Baca Selanjutnya: Tanda Gangguan Kesehatan Mental pada...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini