Orangtua Perlu Buat Kesepakatan dengan Anak untuk Batasi Waktu Penggunaan Gawai

Jumat, 6 November 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Orangtua Perlu Buat Kesepakatan dengan Anak untuk Batasi Waktu Penggunaan Gawai ilustrasi anak bermain gadget. ©express.co.uk

Merdeka.com - Pada masa pembelajaran jarak jauh seperti sekarang, penggunaan gawai merupakan hal yang tidak bisa dilewatkan anak. Walau begitu, orangtua tetap perlu menjaga anak dari penggunaan layar secara berlebihan.

Psikolog anak dan keluarga Sani Budiantini Hermawan mengatakan, seringkali penggunaan gawai oleh anak juga dilakukan di luar aktivitas belajar jarak jauh. Maka dari itu, ia menyarankan agar orangtua dan anak memiliki kesepakatan dalam penggunaan gawai, termasuk kapan ia boleh menggunakannya dan kapan harus melepasnya.

"Kalau saya biasanya, anak itu boleh (menggunakan gawai) tidak lebih dari 3 jam dalam satu hari, ini untuk anak usia SD yang sudah mendekat ke remaja," kata Sani dalam siaran dialog dari Graha BNPB beberapa waktu lalus.

Sani mengatakan, penggunaan gawai secara berlebihan malah membuat anak tidak fokus dalam belajar. Selain itu, ia juga bisa menjadi lebih emosional.

Baca Selanjutnya: Buat Kegiatan di Luar Daring...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini