Olahraga Terbukti Bisa Bantu Seseorang Pulih Lebih Cepat dari Stres

Selasa, 15 September 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Olahraga Terbukti Bisa Bantu Seseorang Pulih Lebih Cepat dari Stres Ilustrasi olahraga. boldsky.com

Merdeka.com - Olahraga merupakan sebuah hal sehat yang harus dilakukan setiap hari untuk kesehatan dan kebugaran. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa olahraga ternyata terbukti mampu membantu seseorang pulih lebih cepat dari stres.

Dilansir dari Channel News Asia, diketahui bahwa olahraga rutin bisa meningkatkan kandungan kimia di ota tikus yang menjadi subyek percobaan. Kandungan kimia yang muncul ini merupakan suatu hal yang membuat tikus bisa tetap tenang bahkan ketika hidup mereka terasa aneh, mengalami intimidansi, serta penuh ancaman.

Walau penelitian ini dilakukan pada tikus, namun hal ini dianggap juga dapat terjadi juga pada manusia. Pada manusia, stres mudah datang dan kadang juga diperlukan. Kondisi darurat dan bahaya membutuhkan respons yang cepat dan stres berguna untuk memunculkan hasil yang cepat dan memenuhi tubuh dengan hormon dan kandungan kimia lain yang dibutuhkan tubuh.

Penelitian ini dilakukan oleh David Weinshenker, profeosr bidang genetika manusia di Emory University School of Medicine, Atlanta. Hasil temuan ini diterbitkan pada Agustus di Journal of Neuroscience.

Penelitian ini coba menyoroti efek dari galanin, peptida yang diproduksi pada seluruh tubuh pada hewan maupun manusia. Galanin diketahui berhubungan dengan kesehatan mental manusia. Seseorang yang secara genetika lahir dengan kandungan galanin yang rendah memiliki risiko tinggi mengalami depresi serta kecemasan.

Baca Selanjutnya: Penelitian Dilakukan pada Tikus Dianggap...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini