Olahraga menjadi cara lain untuk terhindar dari narkoba

Sabtu, 21 November 2015 21:09 Reporter : Pangeran Aditya Perkasa
Olahraga menjadi cara lain untuk terhindar dari narkoba Rusa Hitam. ©2015 Merdeka.com/ Pangeran Aditya Perkasa

Merdeka.com - Untuk mencegah generasi muda tersesat ke jalan yang salah, lima orang generasi 1965, akhirnya menciptakan tim baseball dan softball di Kota Bandung, yang dinamakan Rusa Hitam. Menurut salah satu pendiri yang juga Ketua pertama, yaitu Harkat Soemantri alias Oceng, dunia olahraga merupakan salah satu cara agar anak muda tidak terjerumus ke dalam hal-hal negatif.

Oceng menceritakan, pada tahun 1965, hanya ada sedikit klub baseball di Kota Bandung. Dia bersama empat kawannya, mendirikan Rusa Hitam pada tanggal 5 Juli 1965, yang bertujuan membangun persaingan dalam dunia olahraga.

"Rusa hitam didirikan karena dulu hanya dua klub di Bandung. Pendirian Rusa Hitam juga bertujuan menambah klub di Bandung supaya ada persaingan, dan supaya ada kompetisi," kata Oceng kepada merdeka.com di sela-sela acara HUT ke-50 Rusa Hitam di Lapangan Lodaya, Kota Bandung, Sabtu (21/11).

Menurutnya, selain untuk menambah persaingan antar klub, tujuan lainnya adalah agar generasi muda saat itu mau untuk berolahraga. Oleh karenanya, dia bersama kawan-kawannya mendirikan Rusa Hitam.

"Tujuan lainnya adalah karena generasi muda selalu menghadapi tantang zaman, kita beritikad menyalurkan lewat softball. Karena gangguan anak muda itu banyak, ada narkoba, jadi preman, mabuk-mabukkan. Tapi dengan adanya kegiatan softball bisa tersalurkan hasrat lain," jelasnya.

Saat awal-awal didirikan, kata Oceng, Rusa Hitam tidak mengedepankan soal prestasi melulu. Namun yang pasti, anak-anak muda memiliki kegiatan rutin dengan bermain softball.

"Prestasi nomor dua, yang penting kegiatannya dulu. Karena kita sudah banyak melihat generasi muda yang seperti itu," ujarnya.

Di hari jadi yang ke-50, Oceng pun tak menyangka Rusa Hitam bisa sampai seperti saat ini, yang memiliki sekitar 500 anggota. Dia pun berharap, klub softball dan baseball itu bisa tetap bertahan dengan menjaga solidaritas, kebersamaan, dan kekeluargaan.

"Terharu luar biasa. Jadi bukan main mewahnya sekarang, sudah ada 500 orang, itu tidak mudah. Karena Rusa Hitam sempat vakum dari tahun 1966 sampai 1969, karena lagi zamannya demonstrasi," ungkapnya. [frh]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini