Olahraga Bisa Jadi Cara Utama untuk Tingkatkan Kesehatan Sperma Pria

Senin, 13 Januari 2020 13:07 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Olahraga Bisa Jadi Cara Utama untuk Tingkatkan Kesehatan Sperma Pria ilustrasi pria olahraga. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/holbox

Merdeka.com - Berolahraga merupakan langkah awal untuk bisa memperoleh hidup yang lebih sehat dan bugar. Beragam manfaat dari olahraga merupakan hal yang sangat dibutuhkan saat kehidupan sehari-hari.

Olahraga diketahui bisa meningkatkan mood serta mengurangi risiko masalah jantung. Dilansir dari Men's Health, berdasar penelitian terbaru diketahui bahwa olahraga juga bisa meningkatkan kesehatan sperma.

Pada penelitian ini, peneliti melihat sampel sperma dari ratusan pria yang bisa menjadi donor berdasar kesehatan dan kualitas sperma. Para pria ini menunjukkan konsentrasi sperma, jumlah sperma dalam air mani, bentuk dan ukuran sperma, serta motilitas yang sehat.

Diketahui bahwa aktivitas bisa sangat berpengaruh pada hal ini. Pria yang memiliki tingkat keaktifan tinggi setiap minggu dan lebih inter memiliki motilitas sperma lebih baik yang berarti sperma mereka bisa bergerak dengan lebih cepat.

"Olahraga rutin bisa meningkatkan parameter kualitas air mani di antara pria sehat yang subur," terang peneliti Dr. Yi-Xin Wang dari Tongji Medical College, Huazhong University of Science and Technology di Wuhan, China dan Harvard T.H. Chan School of Public Health di Boston.

1 dari 1 halaman

Walau tanpa diragukan lagi bahwa olahraga bisa bermanfaat namun masih butuh tambahan pengetahuan. Peneliti masih belum mengetahui berapa lama atau jenis olahraga yang optimal demi kesehatan sperma.

Tentu saja, aktivitas fisik ini bisa membantu mempertahankan berat badan yang sehat. Menurut urologis, Dr. Ali Dabaja, hal ini bisa sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan sperma.

"Ketika kamu memiliki banyak lemak tubuh, kamu memiliki banyak lemak oksidatif ke dalam tubuh," terang Dabaja.

Tingginya jumlah stres oksidatif ini diketahui bisa menurunkan kualitas sperma. Dengan menjaga gaya hidup aktif dan pola makan sehat, maka kesehatan sperma ini bisa lebih terjaga. [RWP]

Baca juga:

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini