Olahraga Bisa Bantu Tingkatkan Fungsi Otak dan Buat Orang jadi Pintar

Senin, 14 September 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Olahraga Bisa Bantu Tingkatkan Fungsi Otak dan Buat Orang jadi Pintar Ilustrasi olahraga. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Untuk membuat otak menjadi lebih pintar, biasanya hal yang dilakukan seseorang adalah dengan terus belajar. Namun penelitian terbaru mengungkap bahwa hal ini tidak cukup dan memerlukan olahraga untuk memaksimalkan fungsi otak.

Dilansir dari Medical Xpress, hasil temuan ini telah dipublikasikan pada jurnal Translational Sports Medicine. Diketahui bahwa olahraga fisik aerobik yang dilakukan sebelumnya bisa meningkatkan belajar seseorang dan fungsi memori pada anak muda.

Berdasar hasil penelitian bertahun-tahun, diketahui bahwa olahraga bisa membantu meningkatkan fungsi otak. Hasil penelitian terbaru mengungkap bahwa memadukan gerakan dengan pembelajaran bisa membantu meningkatkan proses belajar ini.

Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan 13 hasil penelitian dari literatur medis untuk melihat hubungan antara olahraga dengan fungsi otak pada orang dewasa usia 18 dan 35 tahun.

Penelitian dilakukan untuk mengevaluasi efekt akut dari kegiatan olahraga terhadap proses belajar dan fungsi ingatan pada anak muda. Penelitian dilakukan terhadap tiga efek dari olahraga berupa berjalan, berlari, dan bersepeda. Dilihat bagaimana ketiga hal ini memengaruhi ingatan jangka pende, kemampuan belajar, serta persepsi visual.

Sesi olahraga yang dilakukan ini berkisar antara dua menit hingga satu jam. Hasilnya kemudian dibagi menjadi jenis olahraga ringan, sedang, serta berat.

Baca Selanjutnya: Ketika peneliti membandingkan data ini...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini