Obesitas, penyakit atau bukan?

Reporter : Rizqi Adnamazida | Jumat, 29 Juni 2012 22:45
Obesitas, penyakit atau bukan?
Ilustrasi obesitas. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/SeDmi

Merdeka.com - Seperti yang telah diketahui banyak orang, obesitas mampu memicu berbagai penyakit. Seperti misalnya diabetes, tekanan darah tinggi, sampai gangguan tidur. Namun obesitas sendiri sebenarnya termasuk penyakit atau bukan?

Para ahli sendiri berdebat mengenai masalah ini. Ada yang berpendapat obesitas adalah penyakit yang disebabkan makan berlebih dan sedikit berolahraga. Akibatnya, tubuh membengkak dan mampu menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Namun pendapat lain menyebutkan obesitas merupakan risiko masalah kesehatan, namun bukan penyakit. Mereka menyatakan orang-orang yang setuju bahwa obesitas adalah penyakit akan menyakiti hati jutaan manusia dan memberi label 'sakit' pada orang yang obesitas dinilai tidak sehat.

Minggu lalu, pihak American Medical Association (AMA) mempertanyakan apakah obesitas merupakan penyakit atau bukan. Para ahli dari AMA juga mengaku bahwa mereka membutuhkan penelitian untuk memutuskan hal tersebut.

"Mungkin obesitas bisa disebut penyakit, tetapi sekarang kita tidak bisa menyetujuinya," ujar Dr. William Werner dari Illinois State Medical Society, seperti yang dikutip dari My Health News Daily (29/06).

Beberapa orang yang setuju bahwa obesitas adalah penyakit memiliki teori yang cukup kuat. Seperti halnya diabetes yang disebabkan ketidakmampuan tubuh mengontrol kadar gula dalam darah, obesitas juga disebut sebagai keadaan di mana tubuh tidak bisa menyeimbangkan energi.

Di sisi lain, banyak pula yang membantah bahwa obesitas adalah penyakit. Mereka yang tidak setuju menyatakan banyak orang yang memiliki berat badan berlebih namun tetap sehat dan menjalani kehidupan normal. Jadi obesitas jelas bukan penyakit.

Para ahli memang sepertinya membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memutuskan hal ini. Lantas menurut Anda, apakah obesitas itu sendiri termasuk obesitas atau bukan?

[riz]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE