Obesitas Bisa Jadi Penyebab Munculnya Penyakit pada Gusi

Selasa, 10 Desember 2019 16:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Obesitas Bisa Jadi Penyebab Munculnya Penyakit pada Gusi Ilustrasi obesitas. ©shutterstock.com/olly

Merdeka.com - Obesitas bisa memiliki dampak dan hubungan dengan sejumlah kondisi kesehatan lain. Hal ini ternyata juga memiliki hubungan yang sangat erat dengan kesehatan mulut dan gusi.

Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa mungkin terdapat hubungan antara obesitas dengan penyakit gusi (periodontal). Diketahui juga bahwa terdapat dampak dari obesitas terhadap perawatan periodontal non-operasi.

Dilansir dari The Health Site, hasil temuan ini dipublikasikan pada British Dental Journal. Walau berhubungan, namun obesitas dan penyakit gusi ini tidak dapat dijelaskan semudah sebab-akibat.

Kedua masalah kesehatan ini disebut Andreas pinto, peneliti dari Western Reserve University School of Dental Medicine disebabkan oleh hal yang sama yaitu peradangan. Peneliti mendapat temuan ini berdasar mempelajari sejumlah penelitian sebelumnya.

Peneliti menemukan bahwa dari data tersebut ditunjukkan peningkatan indeks massa tubuh, lingkar pinggang, serta presentase lemak tubuh. Munculnya peningkatan tersebut seiring dengan meningkatnya penyakit gusi atau periodontitis.

Berdasar sejumlah data yang dipelajari, diketahui bahwa terjadi perubahan di unsur kimia tubuh yang mempengaruhi metabolisme. Hal ini selanjutnya menyebabkan terjadinya peradangan seperti yang ditemukan pada kedua masalah kesehatan tersebut.

1 dari 1 halaman

Kedua Masalah Kesehatan Dipicu oleh Peradangan

"Masalah periodontal muncul pada pasien yang lebih rentan pada peradangan, yang selanjutnya juga lebih rentan terhadap obesitas," terang Pinto.

"Pakar kesehatan mulut harus lebih memperhatikan kompleksitas obesitas untuk membimbing pasien mereka mengenai pentingnya berat badan yang tepat dan menjaga kesehatan mulut," sambungnya.

Pinto menyebut bahwa penelitian lanjutan dari hubungan antara penyakit gusi dan obesitas ini masih dibutuhkan. Hal ini bisa menjadi jalan menuju perencanaan untuk perawatan.

"Terdapat pandangan dari perspektif klinis bahwa ketika kamu mengatasi satu masalah bisa berdampak dengan masalah lain," jelas Pinto.

"Hal ini masih menjadi tanda tanya besar bahwa apakah jika berhasil mengatasi obesitas bakal berdampak pada penyakit periodontal." tandasnya. [RWP]

Baca juga:
Aktivitas Fisik Bisa Membantu Turunkan Risiko Patah Tulang Panggul pada Wanita Lansia
Bayi yang Lahir dari Ibu Usia Tua Lebih Berisiko Alami Masalah Jantung
Konsumsi Avokad Bisa Bantu Mencegah Terjadinya Diabetes
Pria Lajang yang Hobi Menonton Film Porno Rentan Alami Disfungsi Ereksi
Konsumsi Protein Terlalu Banyak Bisa Timbulkan Masalah pada Ginjal

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini