Obat migrain jangan diminum saat hamil!

Selasa, 7 Mei 2013 13:41 Reporter : Rizqi Adnamazida
Obat migrain jangan diminum saat hamil! Ilustrasi obat-obatan. ©Shutterstock/Oliver Sved

Merdeka.com - Ibu hamil yang menderita migrain sebaiknya tidak mengonsumsi obat apapun. Sebab menurut departemen kesehatan Amerika Serikat, pengobatan migrain dengan konsumsi pil bisa menurunkan IQ janin dalam kandungan.

Adalah Depakote dan Depacon, jenis obat yang sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil yang menderita migrain. Hal tersebut disampaikan oleh pihak Food and Drug Administration (FDA) pada Senin lalu (06/05).

Baik Depakote dan Depacon, keduanya mengandung valproate sodium - biasanya terlampir dalam label kemasan dan diberi peringatan bahwa bisa meningkatkan risiko bayi lahir cacat. Namun FDA menambahkan kalau senyawa tersebut ternyata juga membuat IQ anak menurun jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

Awal tahun ini, peneliti dari Emory University melaporkan kalau obat yang mengandung valproate berkaitan dengan penurunan IQ anak berusia enam tahun sebanyak 8-11 poin.

"Obat migrain jangan diminum saat hamil, terutama yang mengandung valproate," papar peneliti, seperti yang dikutip dari The Daily News.

Daripada mengobati migrain dengan pil, FDA menyarankan agar ibu hamil melakukan metode pengobatan lain yang lebih alami untuk meredakan migrain.

Baca juga:
Bayi terlalu gendut atau kurus lebih berisiko autis
Kurang yodium saat hamil turunkan kemampuan bahasa anak
Bayi yang banyak berkeringat cenderung tak agresif
Memotong tali pusar terlalu cepat bahayakan kesehatan bayi?
Kecemasan ibu saat hamil pengaruhi sistem imun bayi [riz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ibu Hamil
  3. Penyakit Migrain
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini