Musik yang didengarkan bisa pengaruhi cara berjalan?

Kamis, 11 Juli 2013 17:44 Reporter : Rizqi Adnamazida
ilustrasi mendengar musik. ©shutterstock/ariwasabi.com

Merdeka.com - Jika Anda berjalan sangat lambat ketika mendengarkan musik, mungkin sebaiknya Anda mengganti jenis musik yang diputar. Sebab penelitian terbaru menyebutkan bahwa musik yang didengarkan bisa memengaruhi cara berjalan seseorang.

"Manusia cenderung bergerak sesuai dengan aliran musik yang didengarnya," terang kepala penulis penelitian, Marc Leman, dari University of Ghent di Belgia.

Sebagaimana dilansir dari NBC News, sebanyak 18 orang dewasa berusia 22-51 tahun terlibat dalam penelitian ini. Mereka diminta berjalan kaki sambil mendengarkan 52 jenis musik yang berbeda. Peneliti pun mengamati cara dan kecepatan berjalan para responden selama mendengarkan musik.

Hasilnya, kebanyakan orang berjalan lebih cepat ketika mendengarkan musik dengan tempo cepat. Contohnya adalah musik dengan genre po. Sementara jika mendengarkan musik lembut seperti jazz, responden memperlambat jalannya.

Penelitian Leman pun sejalan dengan riset yang sebelumnya pernah membuktikan bahwa mendengarkan musik saat berolahraga bisa membuat seseorang lebih bersemangat. Namun Leman menyarankan agar musik pop didengarkan saat berolahraga agar seseorang semakin termotivasi dan bergerak cepat.

Baca juga:
Perawatan kulit kering vs berminyak, lebih mudah mana?
Cegah kulit kering dari dalam dan luar tubuh
7 Tips perawatan kulit untuk pria
Kenali efek buruk stres pada kulit!
6 Cara menghilangkan flek hitam di wajah [riz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.