Miss V sering keluarkan cairan berwarna cokelat? Ini artinya

Rabu, 14 Desember 2016 16:15 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Miss V sering keluarkan cairan berwarna cokelat? Ini artinya Ilustrasi organ intim wanita. shutterstock

Merdeka.com - Miss V atau vagina memiliki cara sendiri untuk membersihkan dari dalam. Salah satunya adalah melalui cara keputihan.

Ya, keputihan adalah sesuatu yang normal jika cairan yang dikeluarkan tidak berbau, tidak berwarna aneh, dan tidak menimbulkan rasa gatal. Keputihan adalah proses pembersihan alami untuk menghilangkan sel-sel mati dan bakteri.

Lantas, bagaimana jika cairan yang dikeluarkan berwarna cokelat? Ini penyebabnya.

  • Jika cairan cokelat ini muncul menjelang akhir menstruasi, maka jangan khawatir sebab itu adalah sisa darah menstruasi. Namun saat cairan ini keluar sebelum menstruasi, maka ini menunjukkan terjadi ovulasi di dalam tubuhmu.
  • Dalam kasus yang jarang terjadi, keputihan dengan warna cokelat juga sering muncul saat kamu sedang hamil. Kamu tak perlu panik jika hanya berupa flek. Namun segera periksakan ke dokter jika flek ini sering muncul dengan volume yang banyak.
  • Konsumsi pil KB bisa mengganggu masalah hormonal dan menyebabkan keluarnya cairan berwarna cokelat.

Selain alasan tersebut, penyakit kanker serviks atau STD juga sering ditandai dengan munculnya cairan cokelat dari dalam vagina. [feb]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini