Minyak zaitun bikin tulang semakin kuat!

Rabu, 29 Januari 2014 15:45 Reporter : Kun Sila Ananda
Ilustrasi minyak zaitun. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Piccia Neri

Merdeka.com - minyak zaitun sering digunakan untuk membuat makanan sehat. Minyak zaitun dikenal sebagai salah satu jenis minyak alami terbaik yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah bisa mengontrol kolesterol. Namun penelitian terbaru menemukan bahwa minyak zaitun memiliki manfaat lain, yaitu menguatkan tulang.

Penelitian yang dilakukan selama dua tahun itu mengungkap bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki tingkat protein osteocalcin yang lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi minyak zaitun.

Osteocalcin adalah protein yang dikeluarkan oleh sel yang membentuk tulang. Semakin tinggi tingkat protein ini maka semakin tinggi pula kekuatan tulang manusia, seperti dilansir oleh Daily Mail (28/01).

Sebuah teori juga mengungkap bahwa osteocalcin tak hanya menunjukkan kekuatan tulang melainkan juga bisa mencegah penyakit resistensi imun . Resistensi imun seringkali dikaitkan dengan tulang yang rapuh.

Hasil penelitian ini didukung oleh penelitian lain yang dilakukan oleh peneliti di University of Athens. Mereka menemukan bahwa mengonsumsi banyak minyak zaitun dan sedikit daging merah berkaitan dengan tulang yang kuat dan pada pada wanita, terutama pada saat mereka dewasa. Peneliti beranggapan bahwa hal ini juga bisa disebabkan oleh zat antioksidan pada minyak zaitun.

Salah satu cara untuk meningkatkan konsumsi minyak zaitun adalah dengan melakukan diet mediteranian. Selain itu, Anda bisa menambahkan minyak zaitun pada salad atau masakan lain agar lebih sehat. Baca juga:
Asam lemak omega 3 ternyata dapat ditemukan di 5 nabati berikut ini
Atasi hipertensi dengan 5 makanan ini!

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini