KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Minuman berpemanis sebabkan 200.000 kematian per tahun di dunia

Rabu, 20 Maret 2013 12:10 Reporter : Destriyana
Ilustrasi minuman bersoda. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Markus Mainka

Merdeka.com - Minuman ringan yang mengandung pemanis bisa menyebabkan 200.000 kematian per tahun di seluruh dunia.

Para peneliti menggunakan data dari penyelidikan utama tentang penyakit global untuk menghitung angka kematian yang berhubungan dengan konsumsi soda dan minuman berpemanis lainnya. Mereka menghubungkan minuman berpemanis dengan 133.000 kasus kematian akibat diabetes, 44.000 dari penyakit jantung dan 6.000 dari kanker.

Sebagian besar - 78 persen dari kasus kematian tersebut - lebih sering terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah ketimbang di negara-negara maju. Meskipun hubungan sebab akibat tersebut tidak dapat dibuktikan, minuman berpemanis diyakini berkontribusi terhadap masalah kelebihan berat badan yang pada akhirnya meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Para peneliti mendasarkan penemuan mereka pada informasi yang dikumpulkan sebagai bagian dari studi Global Burden of Diseases tahun 2010. Dari sembilan wilayah yang disurvei di dunia, Amerika Latin dan Karibia memiliki jumlah kematian tertinggi karena diabetes yang dihubungan dengan konsumsi minuman ringan.

Kawasan Timur Tengah dan Rusia memiliki jumlah kematian terbesar yang disebabkan oleh penyakit jantung. Sementara itu, Meksiko memiliki tingkat kematian terbesar keseluruhan di dunia. Di Meksiko, terjadi 318 kematian per satu juta orang dewasa setiap tahunnya yang dikaitkan dengan konsumsi minuman berpemanis.

"Karena kami fokus pada kematian yang dipicu penyakit kronis, penelitian kami terpusat pada orang dewasa," kata pemimpin peneliti, Dr Gitanjali Singh, dari Harvard School of Public Health di Boston, Amerika, seperti dilansir Daily Mail (19/3).

Baca juga:
Label makanan ini terjemahkan kalori jadi jarak jalan kaki
Kerusakan gigi masih marak pada anak-anak
Khasiat menakjubkan dari lobak, salah satunya anti-kanker
Pare, sayur pahit penghambat sel kanker

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.